Cara Mudah Koreksi Hasil Ujian Siswa Dengan Excel, Guru Wajib Tahu !


Koreksi Ujian dengan Excel
Hai Sobat Guru, melakukan evaluasi kepada peserta didik merupakan kewajiban seorang guru untuk melihat sejauh mana peserta didiknya memahami konsep dari materi yang disampaikan oleh seorang guru. Selain itu evaluasi dapat dijadikan sebagai tolak ukur mereka untuk bisa melanjutkan ke kelas berikutnya. Namun, dalam melakukan evaluasi kebanyakan guru mengalami kesulitan dalam mengkoreksi jawaban yang dikerjakan oleh siswa-siswanya. Disini saya akan membagikan cara untuk mengkoreksi hasil jawaban siswa dengan menggunakan excel. 


Cara Membuat Koreksi Jawaban Siswa Dengan Excel


Berikut ini langkah-langkah membuatnya :
  • Bukalah aplikasi excel Bapak/ibu 
  • Bapak/ibu membuat tabel seperti berikut ini :
    Tabel Excel
  • Setelah tabel dibuat maka Bapak/Ibu membuat rumus pada kolom Jumlah Benar dengan rumus sebagai berikut : 
    Koreksi Soal dengan Excel
    Untuk membuat "$" pada cell yang akan dijadikan sebagai cell acuan, maka kita arahkan kursor kita dicell yang akan dijadikan acuannya yaitu cell "kunci Jawaban" kemudian tekan tombol F4 pada keyboard bapak/ibu semua, maka dia akan otomatis berubah menjadi "$". Tujuannya apa ? agar cell tersebut ketika kita tarik kebawah atau membuat rumus pada kolom berikutnya maka rumusnya tetap pada cell acuan (cell kunci jawaban) kita tersebut, sehingga kita tidak capek mengetik satu per satu rumus pada kolom "Jumlah Benar".
  • Membuat rumus di kolom "Nilai". Pada kolom ini kita memberikan Skor Soal, artinya setiap soal itu berapa skornya, pada keadaan sekarang ini saya membuat skornya 20 karena jumlah soal saya pada contoh ini adalah 5 butir jadi 20 x 5 = 100. Jadi Bapak/Ibu menyesuaikan saja dengan jumlah soal yang Bapak/Ibu buat sehingga Skor totalnya adalah 100. Berikut ini rumus Nilai : =I11*$K$3
    Rumus Excel
  • Untuk deskripsi pencapaian kita buatkan rumus : 
    Rumus Excel

Itulah cara membuat koreksi jawaban siswa dengan menggunakan excel. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu dalam mengkoreksi jawaban siswa.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Koreksi Hasil Ujian Siswa Dengan Excel, Guru Wajib Tahu ! "

Berlangganan via Email