Dampak Corona Kredit Kendaraan Dealer Jadi Lebih Selektif

Bagi konsumen yang mengajukan pembelian kendaraan secara kredit akan disesuaikan dengan kemampuan mereka membayar cicilan. (Foto: Arista Group)
RuangBerita7.com - Pembatasan sosial berskala besar guna memutus rantai wabah virus corona (Covid-19) membuat masyarakat terkena dampak. Aktivitas ekonomi tidak berjalan normal mengakibatkan penghasilan mereka terganggu.

Ini berdampak pada kemampuan masyarakat membeli kendaraan. Bahkan, banyak konsumen yang mengajukan rileksasi atau penangguhan pembayaran kepada perusahaan pembiayaan (leasing) sampai kembali normal.


Akibatnya, leasing pun memperketat calon konsumen yang mengajukan kredit untuk mencegah gagal bayar dengan uang muka atau down payment (DP) besar. Bagi konsumen baru rata-rata leasing memberlakukan DP minimal 40 persen

Bagaimana dengan dealer kendaraan? Co-Founder and Director of Arista Group, Ali Hanafiah mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan penjualan dengan program menarik dan layanan berbasis digital. Langkah ini untuk memudahkan konsumen membeli kendaraan di tengah pembatasan sosial. Salah satunya dengan layanan website arista-group.


Meski demikian, pihaknya tetap selektif dalam memilih calon pelanggan. Bagi konsumen yang mengajukan pembelian kendaraan secara kredit akan disesuaikan dengan kemampuan mereka.

"Kami sangat menjaga kualitas konsumen. Kami bekerja sama dengan banyak perusahaan pembiayaan besar dalam kredit kendaraan. Kami menyeleksi kemampuan bayar mereka dengan kendaraan yang dipilih," ujar Ali, dalam video conference, baru-baru ini.

Dia menuturkan pihaknya mendorong konsumen menyesuaikan DP sehingga tidak memberatkan saat cicilan kendaraan berjalan. Untuk itu, hanya mereka yang memenuhi syarat diajukan ke perusahaan pembiayaan.

"Cicilan idealnya sepertiga dari penghasilan konsumen. Jika mereka memenuhinya syarat tersebut akan kami bantu untuk diajukan ke perusahaan pembiayaan. Untuk itu, kami mendorong konsumen agar DP disesuaikan dengan kemampuan cicilan mereka," kata Ali.

Diketahui, Arista Group merupakan perusahaan nasional yang mengawali bisnis di industri otomotif pada 2003. Arista menaungi dealer mobil Honda, Suzuki, Mitsubishi, Hino, Wuling dan Ford, serta sepeda motor Yamaha. (iNews)

Posting Komentar untuk "Dampak Corona Kredit Kendaraan Dealer Jadi Lebih Selektif"

Berlangganan via Email