Dampak Wabah Corona, Stok Mobil Bekas Melimpah Harga Ikut Turun

Pandemi virus corona yang menghantam sektor ekonomi berpengaruh terhadap pasar mobil bekas. Bahkan, menurut Kepala Diler Mobil88 Buaran, Adjie YP, stok unit kini melimpah.  
Mobil bekas di MGK Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
"Meningkat sekali ya, dan yang menarik alasan mereka menjual ini juga macem-macem," jelas Adjie kepada kumparan belum lama ini. 

Tentu saja, melimpahnya unit karena konsumen memilih menjual mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan lain. Bagi pemilik perusahaan, kata Adjie, uang dialokasikan untuk membayar gaji karyawan.  

"Jadi ada yang karena untuk bayar utang, gaji, dan THR karyawan, modal usaha, enggak mampu bayar karena di-PHK, bayar kontrakan rumah, sampai persiapan masuk sekolah anaknya di bulan Juli nanti. Semua alasannya karena butuh uang bukan ingin ganti baru," terang Adjie. 
Mobil bekas Foto: Citra Pulandi Utomo
Manager Pemasaran Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, menuturkan kondisi ini akan berlangsung hingga Juli 2020.  

"Kalau prediksi saya sih nanti puncaknya Juni dan Juli, kenapa begitu, karena kalau sekarang mungkin mereka masih ada tabungan. Tapi nanti begitu setelah Lebaran, biasanya kan mungkin tabungan sudah mulai habis tuh buat gaji atau THR karyawan atau pendidikan anak, bisa jadi akan meningkat tajam," papar Herjanto.


Sementara itu kondisi ini membuat stok mobil bekas melebihi permintaan. Kalau sudah begini, harga pasarannya pun dipastikan turun.  

"Cuma ya pasti bakal ditekan habis itu harganya sama pedagang, minimal nih kalaupun pedagang mau beli bisa 30 persen dari harga normal turunnya," terang Herjanto.
Lanjut Herjanto mengatakan, harga itu bisa mengalami penurunan yang lebih parah, apabila kondisi mobil tersebut tidak dalam kondisi baik. 
Deretan mobil bekas di Mobil 88 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

"Karena pasti pedagang juga kan akan lakukan perbaikan lagi atau penyempurnaan, apalagi kalo yang misal pajak atau plat nomornya habis, wah itu pasti lebih turun lagi harganya," tambah Herjanto. 
Herjanto pun mengatakan bila memang belum mendesak, sebaiknya tunda dahulu menjual mobil bekas tersebut di situasi seperti saat ini. (Kumparan)

Posting Komentar untuk "Dampak Wabah Corona, Stok Mobil Bekas Melimpah Harga Ikut Turun"

Berlangganan via Email