Efek Penyebaran Corona, Bagaimana Nasib Formula 1 2020?

Pandemi virus corona yang belum mereda benar-benar membuat jalannya Formula 1 (F1) 2020 carut-marut. Teranyar, GP Prancis yang awalnya dijadwalkan menjadi seri pembuka pada 28 Juni, terpaksa dibatalkan.
Suasana Grand Prix Formula 1 China 2019. Foto: Reuters/Amy Song
Balapan yang harusnya tersaji di Sirkuit Paul Ricard itu menjadi seri ketiga yang dibatalkan setelah GP Bahrain dan Monako. Sementara itu, ada tujuh seri lain yang dijadwalkan ulang dan belum ditentukan kapan tanggal baru penyelenggaraan.
Kendati kondisi kian rumit, CEO F1 Chase Carey tetap bersikap optimistis. Ia menyebut seri perdana F1 2020 akan digulirkan pada 5 Juli di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Namun, ajang ini akan digelar tertutup dan tanpa penonton.
"Meskipun baru saja diumumkan bahwa GP Prancis yang akan berlangsung pada akhir Juni tak akan berjalan, sekarang kami masih percaya diri tentang rencana kami untuk memulai F1 2020 di musim panas ini," kata Carey di situs resmi F1.
"Kami menargetkan balapan awal ada di Eropa dari Juli, Agustus, dan awal September. Balapan pertama akan berlangsung pada 3-5 Juli di Austria," tuturnya menambahkan.
Daniel Ricciardo di Grand Prix Formula 1 China 2019. Foto: AFP
Menilik kalender balap 2020, kini ada 12 seri yang masih berpotensi dijalankan. Namun, Carey menyebut pihaknya akan berusaha untuk bisa menggelar 15-18 balapan di musim ini. CVR, F1 GP China

F1 belum merilis jadwal baru, tetapi dari pernyataan Carey bisa disimpulkan akan ada perubahan menyoal kapan musim berakhir. Carey mengatakan F1 2020 akan rampung di Abu Dhabi pada Desember, padahal tiap musimnya F1 selesai di bulan November.
"Pada September, Oktober, November, kami akan menggelar balapan di kawasan Eurasia, Asia, dan Amerika. Kemudian kami akan menyelesaikan musim di Abu Dhabi pada Desember. Kami ingin menyelesaikan antara 15-18 balapan," ujar Carey.
"Seri-seri awal akan tanpa penonton, tapi kami berharap para penggemar akan ambil bagian setelah musim berjalan lebih jauh. Kami masih harus menyelesaikan prosedur dengan tim dan mitra kami untuk berlomba di masing-masing negara," pungkasnya. (Kumparan)

Posting Komentar untuk "Efek Penyebaran Corona, Bagaimana Nasib Formula 1 2020?"

Berlangganan via Email