Hikmah Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim
  • Jelajahi

    Copyright © Ruang Berita 7
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bola

    Hikmah Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim

    Mamad
    Rabu, 29 April 2020, 5:22 PM WIB Last Updated 2020-04-29T10:22:20Z
    Ruangberita7.com- Umat Muslim diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka lebar. Selain itu ada hikmah yang bisa kita ambil.

    Masjid terbesar se Eropa, sumber : id.rbth.com
    Hikmahnya antara lain kita dapat menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu, dari Buku Rahasia Puasa Ramadhan karya Yasin T Al Jibouri dan Mirza Javad Agha Maliki Tabrizi disebutkan hikmah puasa Ramadhan.

    1. Allah meninggikan Derajat Para Hamba-Nya
    Dalam kondisi lapar, merupakan jalan terbaik dalam meraih pengetahuan-Nya dan kedekatan dengan-Nya.

    2. Merenungkan Ibadah Puasa
    Merenungkan ibadah puasa sangat diperlukan untuk menunjukkan hal-hal yang dapat mempertinggi nilai dan arti penting puasa, hal-hal yang dapat mengurangi nilai dan arti pentingnya, dan hal-hal yang kontradiktif dan bertentangan dengan nilai puasa.

    3. Terbebas dari Neraka dan Merasakan Nikmat Surga
    Hikmah puasa Ramadhan berikutnya yakni terbebas dari hukuman neraka atau untuk merasakan nikmat-nikmat surga. Puasa dapat menuntun manusia menjadi semakin jauh terpisah dari syahwat-syahwat sensual jasmaniyah dan dapat membuat kita lebih dekat pada sifat-sifat malaikat dan kebaikan-kebaikan spiritual.

    4. Merasakan Penderitaan Orang yang Tidak Mampu
    Dengan berpuasa, kamu dapat merasakan penderitaan orang yang tidak mampu. Bahkan dengan sedikit makan, kemampuan finansial kita bertambah yakni untuk bersedekah kepada orang yang tidak mampu. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk membeli makanan yang tidak penting dan perawatan kesehatan akibat makan berlebihan.

    5. Semakin Bertakwa Kepada Allah
    Hikmah berpuasa Ramadhan selanjutnya yakni mudah melaksanakan ibadah kepada Allah. Karena orang yang terbiasa dengan sedikit makan akan memiliki banyak waktu untuk membeli barang-barang atau makanan kesukaan, memasak, mengonsumsi, dan berleha-leha. (detik)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Iklan

    Terkini

    trending

    +