Membuat Slip Gaji Karyawan Dengan Excel
  • Jelajahi

    Copyright © Ruang Berita 7
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bola

    Membuat Slip Gaji Karyawan Dengan Excel

    Agra
    Selasa, 28 April 2020, 1:24 PM WIB Last Updated 2020-04-28T07:01:27Z
    Membuat Slip gaji dengan Excel
    Setiap karyawan yang berkerja disebuah perusahaan pastinya akan mendapatkan gaji atau upah dari hasil kerja mereka. Setiap bulannya mereka akan menerima hal tersebut baik secara cash ataupun secara online melalui rekening bank. Namun, hal itu tidak lepas dari seutas kertas yang harus ditanda tangani yang menandakan bahwasanya kita sudah menerima upah kerja kita selama 1 bulan tersebut. Pernahkah kamu melihat rincian gaji, baik punya kamu ataupun punya orangtua kamu ??  

    Kamu tahu gak ? Sebenarnya kamu juga bisa membuat slip gaji tesebut, siapa tahu setelah ini kamu akan diterima di perushaan yang berkerja dibidang komputer. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membuat slip gaji karyawan dengan menggunakan Excel. Berikut ini cara membuatnya :


    Membuat Slip Gaji Menggunakan Excel 


    • Siapkan tabel referensi yang akan digunakan sebagai tabel untuk ditampilkan pada  bagian Slip gaji. Seperti berikut : 
      Tabel Referensi
    • Berinama tabel tersebut dengan cara memblok keseluruhan tabel dan klik kanan kemudian pilih Define Name. Kemudian diberinama, misalnya : "data".
      Membuat Nama di Tabel-Excel

    • Selanjutnya Buat Sheet baru sebagai tampilan dari Slip gaji tersebut.
      Tabel Excel-Vlookup

    Dari tabel diatas dapat kita lihat bahwasanya Item-item yang dimunculkan adalah item-item yang berada pada tabel referensi yang awal kita buat. Seperti No. Anggota, Nama Karyawan, Jabatan dll.

    Baiklah saya akan jabarkan rumus masing-masing item-item tersebut :

    No. Anggota

    No. Anggota dibuatkan rumus Drop down list yaitu kita membuat list no anggota yang dijadikan sebagai no acuan dari item-item berikutnya. Drop down list dibuat dengan cara mengklik cell yang akan dijadikan acuan tersebut pada contoh kali ini adalah "C6". Kemudian klik Tab "data" dan pilih Data Validation  seperti gambar dibawah ini :
    Data Validation 

    Nama Karyawan

    Pada Nama Karyawan kita berikan rumus VLOOKUP, dengan rumus :

    =VLOOKUP($C$6;data;2;FALSE)

    Dimana $C$6 merupakan cell acuannya, "data" merupakan nama tabel referensi yang sudah kita berinama diawal, dan angka dua adalah Nama Karyawan itu berada pada kolom kedua dan dapat dilihat pada tabel referensi.

    Begitu juga selanjutnya tinggal mengopi rumus pada Nama Karyawan dan merubah no kolomnya misalnya "Gaji Pokok" berada pada kolom keempat maka tinggal diganti aja dengan angka 4.


    Setelah itu pada Total Gaji Bersih kita berikan rumus : =C17-G17 yaitu Total Penerimaan - Total Potongan.

    Itulah cara membuat Slip Gaji Karyawan Dengan Menggunakan Excel. Semoga bermanfaat dan sampai jumpai ditutorial berikutnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Iklan

    Terkini

    trending

    +