Penyebab Aki Cepat Soak, Ini 2 Kesalahan Sepele Yang Sering Kita Lakukan

Dua kesalahan sepele namun berdampak fatal pada kondisi aki kendaraan adalah lupa mematikan lampu dan menutup rapat pintu. (Foto: Racshop)
RuangBerita7.com - Salah satu komponen penting pada kendaraan adalah baterai alias accu atau biasa disebut aki. Komponen ini sangat dibutuhkan terkait sistem kelistrikan pada kendaraan yang berguna menghidupkan mesin, sistem pada lampu, audio dan fitur-fitur elektronik lainnya.  

Bagaimana jika aki mati? Ini tentu sangat merepotkan terutama saat berada di rumah (work from home/WFH) mengikuti imbauan pembatasan sosial guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Salah satu kesalahan sepele namun berdampak fatal adalah lupa mematikan lampu. Apalagi jika mobil diparkir lama digarasi atau parkiran. Ini akan menyebabkan aki cepat soak.


Kesalahan fatal kedua lupa menutup rapat pintu. Biasanya mobil zaman sekarang lampu secara otomatis akan menyala jika pintu terbuka. Ini tidak hanya terkait kelistrikan tapi keamanan bisa memancing pelaku pencurian.

Untuk itu, sebaiknya cek lampu-lampu atau sistem kelistrikan lainnya sebelum mematikan dan memarkirkan mobil lama. Jangan sampai aki habis karena Anda tergesa-gesa memarkirkan mobil.

Namun, jika ini terjadi pada kendaraan Anda cek segera kondisi aki. Bagaimana caranya?

"Salah satu cara mengetahui aki mulai habis perhatikan bunyi starter. Jika saat menstarter agak berat dan membutuhkan waktu lama dari biasanya, ini bisa menjadi indikasi," ujar pemilik bengkel Kawan Motor, Robby Sitorus.


Menurutnya, jika demikian pemilik kendaraan bisa membawa ke bengkel untuk mencek. Bila setelah menggunakan alat ukur aki ternyata masih bagus kemungkinan ada komponen lain yang bermasalah. Namun, jika habis sebaiknya segera diganti.

"Aki sebenarnya bisa kita charge, tapi itu memerlukan waktu lama beberapa jam, dan sifatnya sementara," katanya.

Robby menyarankan pemeriksaan rutin aki dilakukan pada masa pemakaian di atas satu tahun. Hal ini berlaku pada semua jenis aki, baik yang diistilahkan basah ataupun kering.

"Soal usia, biasanya kalau aki sudah di atas setahun harus dicek. Jangan tunggu aki sampai habis dulu. Ini bisa merepotkan. Untuk aki basah siapa tahu air aki berkurang, atau terjadi kebocoran sehingga bisa diantisipasi dengan perbaikan," ujarnya. (INews)

Posting Komentar untuk "Penyebab Aki Cepat Soak, Ini 2 Kesalahan Sepele Yang Sering Kita Lakukan"

Berlangganan via Email