Rahasia Umur Panjang Nenek 110 Tahun di Baubau, Rajin Salat dan Sedekah

Ruangberita7.com – Wa Kaua, nenek asal Kelurahan Wabororo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) dikaruniai umur panjang. Wa Kaua kini berusia 110 tahun.
Meski demikian, Wa Kaua masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari, seperti memasak dan kegiatan ringan lainnya. Wa Kaua membocorkan tiga rahasianya bisa berumur panjang. Yakni, rajin salat, mengaji dan sedeka
Tiga prinsip warisan orang tuanya itu dipegang teguh oleh sang nenek. Orang tua Wa Kaua juga berusia 100 tahun lebih.

Nenek Wa Kaua membaca buku berhuruf arab pegon berisi petuah orang Buton. (Foto: iNews/Andi Ebha)

Anak ketujuh Wa Kaua, Wa Jalifah menuturkan, sehari-hari ibunya masih menjalankan salat lima waktu meski dilakukan dengan posisi duduk karena teerkendala usia.
“Sholatnya sambil duduk karena memang sudah tua. Nggak pernah tertinggal sholatnya,” katanya, Rabu (29/4/2020).
Selain salat wajib lima waktu, Nenek  Wa Kaua juga melakukan beberapa saalat sunat lainnya, seperti salat duha, tarawih di Bulan Ramadan dan tajahud.

Wa Kaua nenek berusia 110 tahun di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara berbicara dengan anaknya Wa Jalifah. (Foto: iNews/Andi Ebha)
Wa Kaua nenek berusia 110 tahun di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara berbicara dengan anaknya Wa Jalifah. (Foto: iNews/Andi Ebha)

Usai menjalankan salat, kata dia, biasanya sang nenek langsung mengaji. Meski dengan suara yang terbata-bata karena factor umur, Wa Kaua tetap melakukan ini sepenuh hati dan ikhlas di pengujung usianya.
Wa Jalifah mengatakan, Nenek Wa Kaua rutin menjalankan salat lima waktu selain karena kewajiban sebagai Muslimah, juga dengan melaksanakan salat tubuh menjadi terasa ringan.
Menurut Wa Jalifah, ibunya sesekali melantunkan nasihat orang tua Buton yang di sebut dengan Kabhanti. “Sambil tiduran di atas ranjang, ibu melantunkan kabanti atau nasehat-nasehat orang Buton,” katanya.


Nenek Wa Kaua memiliki delapan anak, sembilan cucu dan 12 cicit. Empat anaknya sudah mendahuluinya. Begitu juga sang suami.
Dalam data di kependudukan, tertera tahun kelahiran nenek Wa Kaua yaitu 1922. Namun menurut Wa Jalifa, umur di KTP bukan tahun lahir sebenarnya karena waktu pendataan sang nenek tidak mengingat pasti tahun kelahirannya.
Nenek Wa Kaua juga tidak meminum ramuan atau sejenisnya. Nenek hanya rutin mengonsumsi buah pinang dan daun sirih yang ditumbuk dan dicampur dengan kapur sirih yang biasa orang Buton sebut dengan mempanga. (inews)

Posting Komentar untuk "Rahasia Umur Panjang Nenek 110 Tahun di Baubau, Rajin Salat dan Sedekah"

Berlangganan via Email