Tutorial Menggunakan Veyon Untuk Memantau Aktivitas Client Di Laboratorium Komputer
  • Jelajahi

    Copyright © Ruang Berita 7
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bola

    Tutorial Menggunakan Veyon Untuk Memantau Aktivitas Client Di Laboratorium Komputer

    Agra
    Rabu, 29 April 2020, 8:14 AM WIB Last Updated 2020-04-29T08:16:09Z

    Aplikasi Veyon - (foto : veyon.io)
    Ruangberita7.com - Laboratorium komputer merupakan salah satu sarana pembelajaran untuk siswa dan guru. Di laboratorium komputer siswa dikenalkan dengan penggunaan teknologi komputer dan penggunaan aplikasi yang ada di dalam komputer. Pada laboratorium komputer siswa bisa melakukan banyak hal, mulai dari browsing internet, mengetik dan mendesain. Namun apakah kita sebagai guru akan selalu bisa memantau semua aktivitas mereka ? pastinya kita sebagai guru akan merasa repot  untuk memantau seluruh aktivitas mereka satu persatu saat berada di laboratorium komputer. Oleh karena itu disini saya akan membagikan tutorial untuk memantau seluruh aktivitas siswa ketika berada di laboratorium komputer secara real-time. Pemantauan aktivitas ini menggunakan veyon master yang terinstal pada komputer server (guru) dan kompuer Client (siswa). Aplikasi ini free dan penggunaannya secara offline sehingga tidak memerlukan jaringan internet, namun komputer server dan client harus terhubung LAN atau WIFI agar dapat diremote seluruh aktivitasnya.
    Berikut ini topologi jaringan pada komputer server dan client :
    Topologi Jaringan Server dan Client - (Foto : docs.veyon.io)

    Aplikasinya dapat didownload disini.

    Langkah Menginstal Aplikasi Veyon Di Komputer Server

    • Download Aplikasi veyon sesuai dengan bit dari komputer yang akan digunakan sebagai server dan client. Jika server 64 bit maka download aplikasi yang 64 bit begitu juga dengan client, jika clientnya 32 bit maka download aplikasi veyon yang 32 bit, di webseitenya sudah tersedia aplikasi 32 dan 64 bit.
      Instal Veyon di Komputer Server
    • Setelah diinstal, maka kita selanjutnya mensettingnya seperti gambar berikut ini :
      Konfigirasi Veyon

    • Selanjutnya kita membuat key pair ID atau pasangan kunci untuk kita hubungkan ke client.Caranya adalah dengan menekan buat pasangan kunci maka kita diminta membuat nama kuncinya, setelah itu akan terbentuk 2 pasangan kunci yaitu jenis private dan publik, kita menggunakan yang publik sebagai servernya. Pasangan kunci tersebut kita gunakan untuk menghubungkan komputer server dengan client.
      Setting Veyon

    • Selanjutnya kita membuat nama komputer dan alamat IP sesuai dengan IP client yang ada. 
      Membuat Ruang Komputer di veyon


    • Kemudian Key Pair ID / Pasangan kunci yang publik tersebut di ekspor dan disimpan agar bisa digunakan di komputer client. 
      Ekspor Key Pair ID
      Ekspor Key Pair ID


    Langkah Menginstal Aplikasi Veyon Di Komputer Client

    • Komputer client diinstal aplikasi veyon yang sama dengan yang di komputer server, namun bedanya adalah pada awal instal dihilangkan centang veyon masternya.
      Instal Veyon di Client
    • Konfigurasi veyonnya sama dengan komputer server, namun pada kunci otentifikasinya kita melakukan import kunci key pair ID yang dari komputer server sebelumnya, oleh karena itu sebaiknya key pair ID tersebut dishare di komputer server sehingga client bisa langsung mengambilnya tanpa harus di colokin flashdisk lagi.
    Setelah kedua Komputer sudah diinstal veyon maka selajutnya kita bisa melakukan kontrol client dari server seperti gambar berikut :
    Tampilan Komputer Server dari Veyon - (veyon.io)

    Pada aplikasi ini Bapak/ibu dapat mengunci komputer yang melakukan aktivitas yang tidak diinginkan dan mematikan satu atau secara massal, sehingga bapak/ibu tidak capek mematikan satu persatu komputernya.
    Itulah tutorial mengguanakan veyon untuk memantau seluruh aktivitas client dari server. Semoga bermanfaat dan membantu bapak/ibu guru dalam mengontrol aktivitas siswa selama di lab komputer sehingga kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dapat dihindari selamat mencoba semoga berhasil.

    Penulis : Hanif Agra, S.T


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Iklan

    Terkini

    trending

    +