4 Keutamaan Bersedekah di Hari Teristimewa

foto: islampos

ISLAM selalu mengajarkan kepada umatnya untuk menyisihkan sebagian harta yang dimilikinya, salah satunya melalui sedekah atau berinfak. Sedekah bertujuan untuk menyucikah harta yang kita miliki, membantu sesama yang membutuhkan, dan dengan bersedekah akan menambah bekal pahala kita di akhirat kelak.
Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda,” Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dam pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdoa kecuali dia akan mengabulkan doa itu.” (HR.Muslim)
Karena itulah bersedekah dapat dilakukan kapan saja dan dalam bentuk apa saja, namun banyak yang belum mengetahui bahwa ada satu hari dalam sepekan di mana hari tersebut sangat istimewa yaitu hari jumat.
Beberapa ulama menyarankan untuk bersedekah di hari jumat, karena amal yang dikerjakan di hari istimewa akan memiliki nilai keutamaan yang lebih besar di bandingkan dengan amal yang dikerjakan di hari-hari biasa. Berikut beberapa keutamaan bersedekah di hari Jumat:

1
Setara dengan bersedekah di bulan Ramadhan

Keistimewaan bersedekah di hari Jumatmemiliki keutamaan khusus dibandingkan hari yang lain. Karena bersedekah di hari Jumat setara dengan bersedekah di bulan Ramadhan.
Ibunu Qoyim salah seorang ulama hambali berkata dalam kitabnya Zadul Ma’ad. Beliau menyebutkan beberapa keistimewaan di hari Jumat. Bahwa sedekah di hari Jumatmemiliki keistimewaan khusus dibandingkan dengan hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di hari biasa.

2
Pahala yang berlipat ganda

Hari Jumat menjadi hari terbaik di mana semua kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan, sehingga melakukan sedekah di hari Jumat, tentu kita akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.
Allah berfirman “Perumpamaan orang-orang yang mendermawakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan)kepada orang-orang yang dikendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261)

3
Mendapat naungan di hari akhir

Rasulullah telah jelas mengungkapkan tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satuanya adalah orang-orang yang bersedekah.
Nabi Muhammad bersabda “seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR.Bukhari)

4
Allah akan mengampuni dosa dengan amalan hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang paling mulia bagi kaum muslimin. Kita bisa meraih banyak pahala sekaligus ampunan allah bila kita mengamalkan amalan yang khusus di hari jumat. Salahsatunya dengan bersedekah. Allah menjadikan sedekah sebagai salah satu sebab diampuninya kemaksiatan, dihilangkannya keburukan dan dimanfaatkannya segala kemaksiatan yang telah kita perbuat.
“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

Posting Komentar untuk "4 Keutamaan Bersedekah di Hari Teristimewa"

Berlangganan via Email