Akibat Pasien Tak Jujur, 5 Dokter dan 12 Paramedis di Kalimantan Barat Terpapar Corona

Kepala Dinkes Kalimantan Barat dr Harisson. (Foto: Antara)
Ruangberita7.com - Sebanyak dua dokter dan 12 paramedis di Kalimantan Barat (Kalbar) positif terjangkit virus corona (Covid-19). Hal itu terjadi akibat ketidakjujuran pasien.

"Sebanyak 17 tenaga kesehatan ini tersebar di tiga daerah," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar, dr Harisson di Pontianak, Jumat (8/5/2020).

Dia menjelaskan, dari pelacakan kasus yang dilakukan Dinkes Kalbar, dokter dan para medis ini terpapar Covid-19 akibat pasien tidak jujur dalam memberikan keterangan saat diperiksa.

"Ada 15 orang di Pontianak, satu di Singkawang dan satu di landak," ujarnya.


Menurutnya, hal itu sangat disayangkan. Tenaga medis berulang kali mengingatkan masyarakat jika memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, apalagi berasal dari wilayah zona merah penyebaran Covid-19, pasien tersebut harus jujur memberikan keterangan.

"Bukan menyampaikan keluhan sakit biasa, namun harus menyampaikan riwayat perjalanan atau apakah pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19," ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini dokter dan paramedis yang terpapar Covid-19 tersebut sudah diisolasi. Namun para dokter ini tetap diberikan izin melakukan praktik melalui telepon atau secara daring (online).

"Jadi tidak melakukan pemeriksaan secara tatap muka atau bertemu langsung. Namun, dokter melakukan praktik atau konsultasi medis secara telemedicine," katanya. (iNews)

Posting Komentar untuk "Akibat Pasien Tak Jujur, 5 Dokter dan 12 Paramedis di Kalimantan Barat Terpapar Corona"

Berlangganan via Email