Gempa Berkekuatan 4,9 M Guncang Enggano, Bengkulu

ilustrasi: Gempa Bumi (image: kompas.com)

Ruangberita7.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 4,9 mengguncang wilayah Enggano Bengkulu, pukul 08.40 WIB pada Kamis (28/5/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 5,92 LS - 102,93 BT. Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya SSi mengatakan lokasi tepatnya gempa bumi tersebut ada di laut pada jarak 97 kilometer Tenggara Enggano Bengkulu, pada kedalaman 47 kilometer. 

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal," kata Tony dalam keterangan tertulisnya. 

Gempa bumi dangkal yang terjadi itu diakibatkan oleh aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menuju ke bawah lpeng Eurasia. Gempa bumi bermagnitudo M 4,9 ini digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, dampak getarannya di rasakan di Liwa dengan intensitas I-II MMI.


Terkait gempa bumi susulan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 08.57 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Menanggapi gempa bumi ini, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (kompas)

Posting Komentar untuk "Gempa Berkekuatan 4,9 M Guncang Enggano, Bengkulu"

Berlangganan via Email