Ini Dia Tempat yang Menarik Kamu Kunjung Jika berlibur Ke Jangkat Merangin

Ruangberita7.com - Keindahan alam Indonesia memang selalu memanjakan mata. Apalagi pesona masyarakatnya yang juga begitu ramah dan murah senyum.

Kali ini kami akan mengajak kalian semua untuk menikmati salah satu keindahan alam yang dimiliki provinsi Jambi yaitu daerah Jangkat yang merupakan bagian dari wilayah kabupaten Merangin.

Ada banyak keindahan alam yang dimiliki daerah yang sejuk dan banyak perkebunan kopi ini. Pengalaman sendiri ke tempat ini, kalian gak akan pernah bosan melihat pemandangan dan suasana yang begitu indah.

1. Air Terjun Sigerincing

Perjalanan wisata memang selalu menyuguhkan cerita yang sangat menarik. Salah satunya adalah perjalanan yang dilakukan oleh kru Bang Mamad bersama teman-teman ke Jangkat.




Jangkat merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Sebelum ke Jangkat kami singgah terlebih dahulu ke Air Terjun Sigerincing.

Air Terjun Sigerincing terletak di Desa Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Merangin. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata hits di Merangin.



Kebetulan kami menginap di Dusun Tuo karena ada salah satu keluarga dari teman kami di sini.

Perjalanan panjang yang kami lalui membuat badan terasa begitu lelah. Bayangkan dari kota Jambi kami berangkat pukul 07.00 dan sampai sekitar pukul 15.00.


Sebenarnya kondisi jalan cukup baik, hanya saja ketika Anda masuk ke simpang menuju Jangkat, jalanan berkelok dan sempit harus Anda lalui.

Kecepatan maksimal pun hanya sebatas 60 kilometer perjam. Itupun sangat jarang. Jalanan boleh dibilang sangat monoton, hanya sesekali kita melihat indahnya bukit dan sungai yang begitu jernih.


Sesampai di Dusun Tuo kami beristirahat sebentar sebelum menikmati keindahan Air Terjun Sigerincing yang katanya amat mempesona.

Sekitar lima menit dari tempat menginap, kami pun sampai ke lokasi air terjun ini. Dari pintu masuk yang ada tulisan Air Terjun Sigerincing hanya berjarak sekitar 600 meter.


Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda dua, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di ujung penurunan jalan setapak yang dibeton.




Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat, sebaiknya memarkir kendaraan di atas karena jalanannya sangat curam. Sebaiknya jalan kaki saja ke bawah karena tidak jauh.


Sampai di lokasi air terjun Sigerincing ini, Anda akan melihat pemandangan yang amat mempesona. Airnya sangat jernih mengalir deras dan kita dapat berenang di bawahnya.


Hutan hijau di sekitarnya menambah pesona keindahan air terjun ini. Dan bersyukur air terjun ini masih sangat bersih dari sampah di sekelilingnya. Yang lebih menyenangkan lagi tidak ada biaya parkir ataupun biaya masuk ke lokasi air terjun ini.


Air Terjun Sigerincing merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Merangin. Dijamin air terjun ini dapat menjadi lokasi hunting foto dan berenang yang menarik. Jadi kalau mau liburan, tempat ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

2. Danau Pauh

Perjalanan menuju tempat ini terasa begitu menyenangkan karena di sisi kiri dan kanan jalan terhampar pemandangan begitu menakjubkan. Kami memacu kendaraan kami dengan pelan karena indahnya pemandangan dan jalanan sempit berliku.

Tibalah kami di salah satu desa bernama Desa Pulau Tengah. Di Desa ini kami menoleh ke sisi kanan jalan tampak sebuah pemandangan Danau yang begitu indah.


Terdapat tulisan Objek Wisata Danau Pauh di gerbang masuk ke arah lokasi danau ini. Ternyata Danau Pauh ini berada di belakang rumah penduduk Desa Pulau Tengah. Dari Gerbang, Anda harus masuk kurang lebih satu kilometer melewati jalan tanah.

Akses Danau Pauh terbilang sangat mudah. Kendaraan roda dua dan roda empat dapat Anda parkir tak jauh dari Danau. Waktu ke sini tidak dikenakan biaya apapun. Pos jaga Danau ini juga kosong.

Kondisi Danau Pauh sangat bersih. Berbeda jauh dengan kondisi Danau Kerinci yang waktu Bang Mamad mengunjungi setelah lebaran  2019 kemarin sangat kotor dan biaya masuknya mahal.

Danau Pauh ini adalah danau vulkanik yang terbentuk dan berasal dari akibat kegiatan gunung berapi. Dengan latar belakang Gunung Masurai, Nilo Dingin dan Bukit-bukit nan hijau, pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan.

Suasana romantis begitu terasa apabila Anda bersama pasangan duduk menikmati hembusan angin di pinggiran danau ini. Apalagi jika Anda membawa makanan, mungkin makan sambil disuapin pasangan menjadi sesuatu yang sangat romantis di sini.


Selain menikmati alam dipinggiran danau, kegiatan romantis lainnya adalah menyewa rakit bambu ataupun boat untuk berkeliling danau seluas 90 hektare ini. Sayang, waktu ke sini tidak ada petugas yang menjaga rakit dan boat nya.

Di Danau Pauh, kami menikmati makan siang sembari sesekali berfoto dengan latar belakang Danau yang super eksotis ini. Jika dilihat dari kejauhan danau pauh ini airnya kelihatan berwarna biru seperti air laut. 

sumber @ayam.bawang2296 via instagram
Keadaan udara dan Kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai membuat udaranya sangat sejuk, menjadikan sajian lengkap bagi wisatawan.

3. Telaga Biru

@huseinsir04 (instagram.com)

Telaga Biru merupakan sebuah danau cantik yang berada di hutan sekitar Gunung Masurai. Telaga Biru terletak di daerah ketinggian, tepatnya di sekitar Gunung Masurai. Dari Desa Tanjung Alam, berjarak kurang lebih 7 Km.

Dari Desa Tanjung Alam bisa menggunakan kendaraan roda dua ke perkebunan warga atau ke pinggiran hutan. Kemudian Anda harus berjalan menyusuri hutan lebih dari dua jam untuk sampai ke lokasi ini.

Perasaan ketika melakukan perjalanan terasa begitu melelahkan dan tak sampai-sampai. Akan tetapi kita tak akan pernah bosan melihat mempesonanya keindahan alam yang tersaji.

Keindahan Danau Telaga Biru sunggu mempesona. Bagi Anda yang ingin mandi di Telaga Biru harus siap merasakan sensasi air dingin bagaikan es.

Sangat indah bukan ?. Wajar jika Danau Telaga Biru yang berada tak jauh dari Desa Tanjung Alam Kecamatan Jangkat Timur ini masuk nominasi Anugerah Pesona Wisata dari Kementarian Pariwisata Republik Indonesia.

4. Air Terjun Dukun Betuah


Salah satu air terjun terindah di Jangkat adalah Air Terjun Dukun Betuah. Air Terjun ini adalah salah satu surga tersembunyi yang dimiliki Jangkat. Untuk dapat mencapai Air Terjun Dukun Betuah ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Bangko. 

Air Terjun Dukun Betuah ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Untuk lokasi tepatnya, air terjun ini berada di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabutan Merangin.

Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Dukun Betuah ini, kamu akan disuguhkan dengan air yang jernih dan bersih serta udara yang begitu segar. Untuk dapat memasuki air terjun ini, kamu harus membayar Rp.5.000 saja per orang.


5. Grao Sakti


Picture by @mytrip_myadvntr via instagram
Kali ini kita akan melihat salah satu lokasi lainnya yang sangat keren. Grao Sakti merupakan salah satu pemandian air panas yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Panas Grao Sakti berada di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Merangin. Tak mudah untuk mencapai lokasi ini. Boleh dibilang perjalanan ekstrem harus Anda lalui. Kondisi jalan benar-benar sangat mengkhawatirkan karena cocok untuk arena offroad.

Untuk ke tempat ini, Anda bisa menggunakan mobil offroad ataupun motor trail. Lamanya sekitar 3 jam perjalanan dari Danau Pauh. 

Grao Sakti merupakan geyser yang berada di pinggir sebuai  sungai. Pada Grao Induk air panas terus menyembur dari dalam tanah. Aliran sungainya menghasilkan air panas yang cocok dijadikan pemandian alami.

Berendam di air panas dikelilingi pepohonan rindang akan menghasilkan sensasi yang menyebabkan lelah perjalanan menjadi hilang. Tak hanya panas, di tempat ini Anda juga bisa merasakan suhu air yang dingin karena air sungainya mengalir.

Nah itu dia lima tempat yang menurut Bang Mamad Asyik banget untuk dikunjungi di Jangkat. Kalau menurut Kalian bagaimana, ada rekomendasi tempat lain. (BM)

Posting Komentar untuk "Ini Dia Tempat yang Menarik Kamu Kunjung Jika berlibur Ke Jangkat Merangin"

Berlangganan via Email