Inilah 5 Manfaat Sarapan di Pagi Hari

Ilustrasi, sarapan pagi

Ruangberita7.com -- BANYAK orang yang tidak bisa makan pagi karena tidak berselera, sebenarnya kondisi ini bisa disebabkan oleh kebiasaan melewatkan sarapan. Kalori yang dimakan pertama kali di pagi hari sangat mengenyangkan, mengurangi jumlah yang akan kita konsumsi sepanjang hari.

Namun jika tidak sarapan, anda akan cenderung makan berlebihan saat malam untuk mengompensasi nafsu makan pagi. Memulai kebiasaan sarapan akan mengatur nafsu makan.

Menurunnya berat badan bukanlah satu-satunya efek positif dari sarapan, studi membuktikan, sarapan juga bisa memengaruhi tubuh dalam segala aspek yang menunjang kesehatan, diantaranya:

Meningkatkan energi
Peneliti di Cardiff University, Wales, menemukan bahwa orang yang sarapan memiliki energy 10 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak sarapan. Hal ini karena serat di dalam menu sarapan mengatasi konstipasi-salah satu penyebab kelelahan.

Jantung lebih sehat
Tidak sarapan menigkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, menurut peneliti di University of Nottingham, Inggris. Alas an tepatnya belum diketahui.

Menurunnya risiko diabetes
Kadar insulin tinggi dalam tubuh adalah salah satu factor resiko diabetes tipe II. Studi di Nottingham menemukan bahwa orang yang sarapan lebih sensitive terhadap insulin yang diproduksi tubuh mereka. Hal ini secara alami menjaga kadar insulin tetap rendah.

Lebih jarang terkena pilek dan flu
Saat peneliti di Cardiff megamati tingkat kejadian peyakit, orang yang tidak sarapan umumnya mengalami setidaknya satu penyakit ringan dalam sepuluh minggu waktu penelitian, sementara mereka yang sarapan tidak mengalaminya.

Tulang yang lebih padat
Tingkat nutrisi orang yang sarapan lebih tinggi artinya, mereka cenderung memiliki tulang yang lebih tebal ketimbang mereka yang tidak sarapan sehingga mengurangi resiko oesteoporosis.

Kurangnya waktu adalah alasan lain mengapa orang cenderung tidak sarapan. Lupakan makanan merepotkan yang perlu anda masak atau olah. Pilihlah sarapan yang bisa anda makan dengan praktis, anda pun bisa memilih makanan yang bisa disimpan di dalam kulkas dan dapat dihangatkan di esok harinya. [islampos]

Sumber: Diet Bebas Lapar/Karya: Helen Foster/Penerbit: Esensi Erlangga Group

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Manfaat Sarapan di Pagi Hari"

Berlangganan via Email