Jatim Catat Tambahan Kasus Corona Terbanyak Nasional, Hari Ini Mencapai 502 Orang

Sumber: Antara.com
Ruangberita7.com - Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia bertambah 973 orang pada Kamis (21/5). Penambahan kasus positif Covid-19 pada hari ini merupakan yang tertinggi sejak diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, tambahan kasus tertinggi pada hari ini paling banyak berasal dari Jawa Timur.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ada tambahan 502 orang yang terinfeksi corona di provinsi tersebut. 

"Peningkatan yang tertinggi terjadi di Jawa Timur khususnya," kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (21/5). 

Dengan demikian, total kasus positif corona di Jawa Timur hingga hari ini mencapai 2.998 orang. Secara akumulatif, jumlah kasus positif corona di Jawa Timur menempati posisi terbanyak kedua di Indonesia setelah Jakarta. 

Untuk diketahui, jumlah kasus positif corona di Jakarta hingga kinimencapai 6.301 orang. Adapun pada haru ini, DKI Jakarta mencatat tambahan 65 orang positif terinfeksi Covid-19.  

Selain kasus positif, Yurianto juga mengumumkan tambahan 263 pasien yang telah sembuh. Alhasil, secara kumulatif jumlah pasien sembuh dari corona telah mencapai 4.838 orang hingga saat ini. Penambahan kasus sembuh terbanyak berada di Jakarta, yakni 129 orang.

Posisi Jakarta disusul oleh Sulawesi Selatan (31), Jawa Timur (16), Sulawesi Tengah (11), Kalimantan Timur (11), Kalimantan Tengah (10), Jawa Barat (10). 

Tambahan pasien yang sembuh dari corona juga terdapat di Banten (9), Yogyakarta (8), Sumatera Barat (7), Bali (4), Kalimantan Barat (4). Lalu, Bengkulu (2), Jawa Tengah (2), Lampung (2), Maluku (1), Papua Barat (1). Sementara, ada tambahan 36 kasus kematian akibat corona pada hari ini, sehingga totalnya menjadi 1.278 orang. 

Penambahan kasus kematian terbanyak berasal dari Jawa Timur, yakni 13 orang. Ada pula tambahan kasus kematian akibat corona dari Jakarta (9), Banten (3), Sulawesi Utara (3), Sulawesi Selatan (3). Kemudian, Kalimantan Selatan (2), Sumatera Selatan (2), dan Sumatera Utara (1). 

Lebih lanjut, Yurianto menyatakan ada 50.187 orang yang masih dalam pemantauan pada hari ini. Selain itu, terdapat 11.066 pasien dalam pengawasan (PDP) pada hari ini.

 Untuk mencegah penularan dan penyebaran penyakit, dia pun mengimbau masyarakat untuk bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Masyarakat diminta untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

Masyarakat juga diminta selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. "Kita tak pernah tahu siapa yang sakit di luar rumah. Hindari berkumpul, jaga jarak setidaknya satu meter," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Capai 502 Orang, Jatim Catat Tambahan Kasus Corona Terbanyak Nasional"

Posting Komentar untuk "Jatim Catat Tambahan Kasus Corona Terbanyak Nasional, Hari Ini Mencapai 502 Orang"

Berlangganan via Email