Jokowi Jelaskan Maksud Pernyataannya Mengenai "Harus Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid"

DOK. Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr

Ruangberita7.com - Presiden Jokowi menyebutkan pilihan hidup bersampingan diambil karena World Health Organization (WHO) telah menyebutkan virus Corona tak akan bisa musnah dari bumi. Hal itu disampaikannya dalam kanal YouTube tvOneNews, Sabtu (16/5/2020). "Kita harus berkompromi dengan Covid, bisa hidup berdampingan dengan Covid," kata Jokowi. Jokowi lantas menyinggung pernyataannya pada kesempatan sebelumnya yang mengimbau warga berdamai dengan Virus Corona.


Meski menuai banyak kritik, Jokowi mengaku memiliki dasar dalam menyampaikan imbauannya itu. "Yang kemarin saya bilang kita harus berdamai dengan Covid karena informasi terakhir dari WHO yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang," jelas Jokowi. "Tapi virus ini tidak akan hilang." Tambahnya.

Karena meyakini informasi WHO, Jokowi pun meminta warga hidup berdampingan dengan Virus Corona. Ia menyebut, hidup berdampingan dengan Virus Corona tak menghalangi warga untuk tetap produktif. "Artinya sekali lagi kita harus berdampingan hidup dengan Covid," ucap Jokowi.


"Sekali lagi yang penting masyarakat produktif dan aman dari Covid." Melanjutkan penjelasannya, Jokowi membantah jika berdamai memiliki arti yang sama dengan menyerah. Menurut Jokowi, berdamai dan hidup berdampingan menunjukkan bahwa masyarakat tak menyerah dalam menghadapi Virus Corona. "Enggak, bukan seperti itu," jelas Jokowi.

"Berdampingan itu justru kita tidak menyerah, tapi menyesuaikan diri." Ia mengatakan, masyarakat harus tetap menaati imbauan pemerintah meski diminta hidup berdampingan dengan Virus Corona.


Karena itu, Jokowi menjamin pemerintah akan berusaha penuh untuk mengembalikan kehidupan masyarakat seperti sedia kala. "Kita lawan keberadaan virus Covid tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat, yang harus kita laksanakan," tutur Jokowi. "Dan pemerintah akan mengatur agar kehidupan kita berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memeprhatikan fakta yang terjadi di lapangan." LLantas Jokowi menyebut keselamatan masyarakat menjadi perhatian nomor satu pemerintah.

Ia mengungkapkan, hidup berdampingan dengan Virus Corona bukan menjadi pilihan. "Saya tekankan keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas. Ini jangan dibenturkan sebagai sebuah pilihan, ini bukan dilema," tandasnya. 

Posting Komentar untuk "Jokowi Jelaskan Maksud Pernyataannya Mengenai "Harus Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid""

Berlangganan via Email