Mau Bayar Zakat Online, Begini Caranya!

screen shoot situs resmi BAZNAS

Ruangberita7.com - Semakin banyak aplikasi dan penyedia layanan yang memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin membayar zakat. Dalam menyediakan layanan ini pun mereka bekerja sama dengan berbagai lembaga amil zakat untuk menyalurkan zakat tersebut.

Berikut adalah sejumlah cara untuk membayar zakat secara online, seperti dikutip dari Antaranews dan sumber lainnya:

Dana
Dompet digital Dana menggandeng lembaga Dompet Dhuafa dalam menyediakan fitur membayar zakat di platform tersebut. Selain zakat fitrah, pengguna juga bisa menyalurkan zakat profesi. Fitur Dompet Dhuafa ini ada di laman utama Dana, setelah diklik, pengguna akan diminta memilih zakat yang akan dibayar. Setelah memasukkan nominal yang dibayar, pengguna tinggal mengklik 'Pay Zakat'.

LinkAja
Di dompet digital ini ada layanan LinkAja Syariah, yang salah satu programnya adalah Zakat dan Sedekah Berbasis Kelurahan, yang untuk saat ini baru dimulai di area Jakarta dengan menggandeng BAZIS DKI. Namun ada juga LinkAja Berbagi, yang fungsinya untuk memberi donasi, zakat dan sedekah lewat berbagai lembaga yang bekerja sama dengan LinkAja. Lembaga tersebut antara lain adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), ACT, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Gojek
Gojek punya fitur bayar zakat online lewat fitur GoGive, yang menyediakan fitur pembayaran zakat fitrah, zakat untuk anak yatim, dan zakat untuk lansia dan dhuafa. Untuk penyaluran zakatnya, Gojek menggandeng Kitabisa, BAZNAS, Dompet Dhuafa, Yayasan Rumpun Anak Pesisir, Griya Yatim dan Dhuafa.

Tokopedia
Ada dua jenis zakat yang bisa dibayar lewat Tokopedia, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Disediakan juga kalkulator zakat untuk mengetahui jumlah zakat yang perlu dibayarkan. Untuk penyaluran zakat fitrah, Tokopedia bekerja sama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumat Zakat, dan NU Care-Lazisnu.

Bukalapak
Bukalapak punya layanan BukaZakat yang bisa dipakai untuk membayar zakat fitrah, zakat maal, dan zakat profesi. Pembayarannya pun mudah, cukup memilih zakat yang akan dibayar, mengisi nominal, dan memilih lembaga untuk penyalurannya, yang antara lain adalah Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, NU Care-Lazisnu, BAZNAS, Lazismu, dan Pusat Zakat Umat.

Selain cara yang tertera sebelumnya, masih ada banyak cara lain untuk membayar zakat fitrah. Seperti melalui situs BAZNAS yang menyediakan pilihan pembayaran zakat fitrah, zakat maal, dan zakat penghasilan.

Lalu, pembayarannya pun bisa dilakukan lewat beberapa cara, seperti bermacam dompet digital, transfer bank, kartu kredit, dan bahkan bisa lewat Paypal. (detik)

Posting Komentar untuk "Mau Bayar Zakat Online, Begini Caranya!"

Berlangganan via Email