Mengisi Realisasi Mengajar Dari Android Menggunakan Aplikasi Appsheet

Aplikasi Appsheet - Foto : Udemy
Ruangberita7.com - Seorang guru dalam mengajar pasti dilengkapi dengan administrasi mengajar. Hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk menjadi guru yang profesional. Salah satu administrasi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah realisasi mengajar atau rekapan nilai siswa. Di zaman teknologi yang canggih ini pembukuan dapat dilakukan dengan bantuan smartphone dan disimpan di cloud. Sistem penyimpanan dengan cloud ini sangat banyak keuntungannya, diantaranya adalah data dapat tersimpan dengan aman tanpa harus takut terhapus ketika PC atau smartphonenya rusak. Bapak/Ibu guru selama ini direpotkan membawa buku realisasi tersebut saat mengajar dan akan memakan banyak tempat namun, realisasi siswa tersebut dapat direkap cukup dengan aplikasi di android Bapak/Ibu. Selain itu pengisiannya juga sangat simpel dan menarik sehingga mengisi realisasinya jadi mudah dan cepat. Berikut ini tutorial membuat aplikasi realisasi mengajar di android menggunakan aplikasi Appsheet.

1. Siapkan tabel seperti berikut ini :
Tabel Realisasi Mengajar

2. Upload tabel tersebut di spreadsheets bapak/ibu, seperti gambar berikut :
Google Spreadsheets

Pilih Blank dan upload file realisasi mengajar tadi.

3. Buat menjadi aplikasi menggunakan aplikasi Appsheet, dengan cara pilih add-ons - Get Add-Ons - Ketik Appsheet dan silahkan diinstal.

4. Setelah diinstal Aplikasi Appsheetnya di Spreadsheets maka tinggal dibuat ke dalam bentuk appseheet dengan cara pilih add-ons-pilih Appsheet-launch maka akan muncul seperti gambar berikut ini dan pilih oke maka akan terbuka tab baru yang berisi aplikasi Appsheet yang sudah kita buat.
Pembuatan ke aplikasi Appsheet
atau juga bisa membuatnya dari aplikasi appsheet itu langsung dengan cara membuka aplikasi Appsheet.com kemudian Sign Up atau register bagi yang belum punya akun dan daftar disana menggunakan email yang digunakan untuk mengupload file spreadsheet tadi. kemuadian buat aplikasi dengan pilih buat App dan pilih file realisasi mengajar tadi di Spreadsheet.

5. Maka akan terbentuk aplikasi realisasi mengajar dengan aplikasi Appsheet
Tampilan Aplikasi Appsheet

Penginputan Reaslisasi dengan Appsheet
Baca Juga : Polda Riau Punya Helm Robocop, Dilengkapi Fitur Canggih Cegah Penularan Covid-19
Penginputan Reaslisasi dengan Appsheet

Penginputan Reaslisasi dengan Appsheet


Baca Juga : Cara Membuat Deskripsi Siswa Otomatis, Langsung ada Nama Siswa dan Keterangan KD nya

Hasil Input Reaslisasi

Ini adalah hasil input dari aplikasi yang dibuat tadi. Aplikasi Appsheet ini ada di google playstore jadi bisa di download atau jika ingin install di handphone bapak/ibu juga dapat mengisinya dari link yang tersedia. Caranya adalah pergi ke bagian user dan klik tab link kemudian tinggal di copy saja linknya. Disana ada dua pilihan link yaitu Install Link untuk yang memiliki aplikasi di handphonenya dan Browser Link ini untuk yang akan langsung buka di browsernya. Seperti gambar berikut ini :
Link Penginputan Aplikasi Appsheet
Untuk file excelnya dapat didownload disini.
Itulah cara membuat realisasi mengajar menggunakan Aplikasi Appsheet. Selamat mencoba semoga bermanfaat. Silahkan dishare.

1 komentar untuk "Mengisi Realisasi Mengajar Dari Android Menggunakan Aplikasi Appsheet"

Posting Komentar

Berlangganan via Email