#RealTalk Instagram, Cara agar Mental Kamu Tetap Waras


#RealTalk Instagram, Cara agar Mental Kamu Tetap Waras. Foto: Shutterstock
Ruangberita7.comTak bisa dipungkiri, kehidupan normal baru yang mengharuskan masyarakat menjalani sebagian besar rutinitas di rumah sambil memanfaatkan platform online, memunculkan tantangan tersendiri untuk perkembangan mental.


Di tengah perkembangan pandemi COVID-19 saat ini, menjaga kesehatan fisik dan mental menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Merasa kesepian, cemas, stres, khawatir dengan interaksi negatif dari sesama netizen adalah beberapa dampak yang kini dirasakan banyak orang.



Memahami situasi tersebut, Instagram pun meluncurkan kampanye #REALTALK dan serangkaian fitur baru untuk mendorong lebih banyak interaksi positif di Instagram, terutama di kalangan anak-anak muda

"Memastikan anak-anak muda merasa aman dan nyaman saat mengakses Instagram adalah hal yang penting bagi kami. Kami memahami isu bullying dan kesehatan mental adalah isu yang kompleks bagi anak muda di era digital, terutama di tengah pandemi COVID-19," kata Head of Public Policy Instagram APAC Philip Chua, dalam video konferensi peluncuran Instagram #REALTALK, Selasa (19/5/2020).

Disebutkan Philip, melalui kampanye #REALTALK, Instagram ingin membantu anak muda di Indonesia terhubung dengan sumber informasi terpercaya dari para pakar dan organisasi kredibel yang bisa menginspirasi dan menyemangati mereka dalam menjalani masa sulit di tengah situasi pandemi dan kehidupan normal baru.

"Ini adalah salah satu upaya berkelanjutan kami dalam mendukung visi dan misi para komunitas dan organisasi kesehatan mental dan menghubungkan anak muda dengan informasi terpercaya. Kami juga ingin memastikan para pengguna memiliki kendali penuh dalam menciptakan interaksi yang positif di Instagram melalui peluncuran serangkaian fitur baru kami hari ini," jelasnya.

Dalam kampanyenya ini, Instagram menggandeng komunitas anti bullying Sudah Dong, aplikasi kesehatan mental Riliv, dan penyanyi Ariel Tatum yang dikenal aktif mengedukasi kesehatan mental dan cyber bullying.

Beberapa kegiatan dalam kampanye #REALTALK Instagram ini antara lain:

- Mencegah peningkatan cyberbullying

Instagram dan Sudah Dong bekerja sama untuk membantu mencegah terjadinya peningkatan kasus cyberbullying di kalangan anak muda yang dapat disebabkan oleh meningkatnya penggunaan platform online saat ini.

Bersama dengan Sudah Dong, Instagram meluncurkan booklet anti-bullying bernama #REALTALK yang dirancang sebagai sumber informasi untuk membantu anak muda membangun interaksi positif baik online maupun offline.

Setelah pandemi berakhir, Sudah Dong juga akan mengadakan acara penyuluhan anti-bullying di 10 Sekolah Menengah Pertama yang tersebar di area Jabodetabek. Booklet #REALTALK sudah bisa diakses di situs Sudah Dong: sudahdong.com/realtalkbooklet

- Mematahkan stigma negatif kesehatan mental

Instagram menggandeng Riliv dan Ariel Tatum untuk mematahkan stigma negatif kesehatan mental yang ada di kalangan masyarakat Indonesia.

Riliv dan Ariel Tatum akan membuat lima seri video IGTV yang akan membahas hal-hal seputar kesehatan mental dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak muda.

Selain itu, Riliv juga meluncurkan audio meditasi berjudul 'Mengatasi Bullying' sebagai bentuk adaptasi booklet #REALTALK.
#realtalk
- Merilis fitur Guides


Fitur ini berisi kumpulan konten menenangkan terkait kesehatan mental, cara menjaga pikiran positif, anti-bullying dan berbagai konten positif lainnya yang bisa menyemangati para pengguna melalui masa krisis ini.
Di Indonesia, tab Guides sudah dapat dilihat di profil Instagram @sudahdong dan @arieltatum. Semua konten kampanye #REALTALK yang dibuat oleh Sudah Dong, Riliv dan Ariel Tatum nantinya juga akan disimpan di salah satu Guides yang ada di profil @sudahdong dan @arieltatum untuk memudahkan pengguna menemukan konten tersebut. Dalam beberapa waktu ke depan, kumpulan konten Guides juga akan muncul di bagian tab Eksplor.
- Peluncuran serangkaian fitur baru
Fitur Baru
Manage comments: fitur yang bisa membantu pengguna untuk menghapus komentar negatif, memblokir maupun membatasi hingga 25 akun sekaligus. Pengguna bisa menggunakan fitur ini dengan menekan ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas.
Pin Favorite Comment
Pin Your Favorite Comment: Instagram akan mengadakan uji coba fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan komentar positif di bagian paling atas. Komentar positif yang berada di bagian atas diharapkan dapat mendorong terciptanya interaksi positif dalam sebuah postingan.

Tag Mention Controls
Tag and Mention Controls: fitur yang memungkinkan pengguna mengatur siapa saja orang yang bisa melakukan tag maupun menyebut mereka di Instagram.
"Melalui #REALTALK, kami ingin mengajak anak muda untuk bisa bersama-sama berhenti melakukan perundungan dan mendukung para korban perundungan untuk berani bangkit," kata Wakil Ketua Yayasan Kawula Madani Adiyat Yori Rambe.
Sementara itu, Audrey Maximilian Herli selaku Co-Founder dan CEO Riliv juga menyambut baik peluncuran kampanye #REALTALK yang menurutnya sejalan dengan visi dan misi Riliv dalam mematahkan stigma negatif kesehatan mental di Indonesia.
"Kami harap kampanye #REALTALK bisa membantu kami meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Kami ingin mendorong anak muda untuk tidak malu lagi mencari bantuan profesional, apalagi di tengah masa krisis saat ini yang bisa memicu munculnya gangguan kesehatan mental," ujarnya.
Ariel Tatum pun mengungkapkan komentar dan harapan senada dengan peluncuran kampanye ini. Dia berharap kampanye #REALTALK bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk jadi lebih peduli dengan kondisi kesehatan mental mereka.
"Ayo kita sama-sama sudahi rasa malu untuk membahas tentang kesehatan mental kita. Berani untuk menerima dirimu sendiri, menyadari kapan kamu membutuhkan pertolongan orang lain dan jangan takut untuk mencari pertolongan profesional yang bisa membantu kamu," tutupnya. inetdetik

Posting Komentar untuk "#RealTalk Instagram, Cara agar Mental Kamu Tetap Waras"

Berlangganan via Email