THR PNS Daerah Belum Cair Semua, PNS Pusat Sudah 100%, Enak Ya

Ilustrasi: THR PNS Daerah Masih Ada yang Terkendala (koranseruya.com)

RuangBerita7.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyalurkan tunjangan hari raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak 15 Mei lalu baik untuk pusat maupun daerah.

Pencairan THR untuk PNS Pusat pun telah dilakukan semuanya. Artinya 875.096 PNS dan 925.508 TNI/Polri di pemerintah pusat telah mendapatkan uang THR nya.

"Yang pusat sudah semua sejak Rabu (20/5/2020) lalu," ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kemenkeu Andin Hadiyanto kepada CNBC Indonesia, Jumat (22/5/2020).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti mengatakan, THR untuk PNS di daerah belum semuanya tersalurkan. Hingga saat ini masih ada sekitar 10% daerah yang belum menerima THR.

"Dari hampir semua daerah yang berhasil dikonfirmasi, sudah hampir 90% dibayar THR-nya," kata dia.

Menurutnya, pembatasan sosial di daerah-daerah tersebut yang membuat penyaluran THR belum dilakukan. Dimana, proses administrasinya untuk Peraturan Kepala Daerah (Perkada) nya masih terkendala.

"Sebagian besar aturan-nya belum siap karena untuk daerah yang PSBB terdampak dalam proses administrasinya," jelasnya.

Namun, pencairan THR untuk PNS daerah tersebut akan dimaksimalkan hari ini sebelum libur lebaran. Jika, hari ini tidak selesai semua, maka akan dicairkan setelah Lebaran.

"Hari ini masih bisa dan kalau belum selesai bisa setelah lebaran," tutupnya.


Sebagai informasi, anggaran THR PNS untuk tahun ini telah disiapkan pemerintah sebesar Rp 29,382 triliun. Anggaran ini terdiri anggaran untuk PNS Pusat, PNS Daerah dan Pensiunan PNS yang totalnya berjumlah 8,2 juta jiwa.

Untuk pensiunan pusat dianggarkan sebesar Rp 6,775 triliun untuk 875.096 PNS dan 925.508 TNI/Polri. Kemudian untuk PNS Daerah dianggarkan Rp 13,898 triliun untuk sebanyak 3.200.854 orang.

Tak hanya itu, pensiunan juga akan tetap menerima THR pada tahun ini yang dianggarkan sebesar Rp 8,708 triliun untuk 3.168.712 orang. (CNBC)

Posting Komentar untuk "THR PNS Daerah Belum Cair Semua, PNS Pusat Sudah 100%, Enak Ya"

Berlangganan via Email