Yuk Intip Cara Kerja PNS di Era New Normal

Ilustrasi PNS

Ruangberita7.com
- Seluruh pekerja bersiap untuk kembali beraktivitas dengan protokol kesehatan yang ketat atau yang biasa disebut new normal. Tak terkecuali juga para pekerja di bidang pemerintahan atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, para ASN pun sedang disiapkan untuk menghadapi kondisi new normal. Ada tiga poin penting yang akan ditekankan dalam menghadapi kondisi new normal tersebut.

Pertama adalah sistem kerja yang lebih fleksibel dibandingkan saat ini. Lalu yang kedua adalah seluruh pekerja wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berjabat tangan, rajin mencuci tangan hingga tidak berkerumun.

Kemudian yang ketiga adalah penerapan teknologi digital dalam pekerjaan. Misalnya adalah saat melakukan rapat yang biasanya harus bertemu di hotel ataupun kafe kini cukup menggunakan video confrence atau rapat virtual.


"Ke depan fleksibel working, arrangement kemungkinan akan diterapkan. Protokol kesehatan. Penerapan IT dalam pekerjaan misalnya e-office, video confrence untuk rapat," ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Lewat tiga poin tersebut, ada beberapa bidang pekerjaan ASN yang tidak perlu lagi datang ke kantor. Khususnya yang berkaitan dengan pelayanan publik yang masih membutuhkan tatap muka langsung.

"Tetapi harus dipilah jenis pekerjaan mana yang harus bisa dikerjakan di rumah atau yang harus ke kantor," jelasnya.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah adalah programer IT hingga perencana peneliti dan lain-lain. Pekerjaan ini secara teknis bisa dilakukan dimana saja, meskipun kembali lagi akan tergantung pada atasan masing-masing.

"Kalau pimpinan memerlukan untuk ke kantor ya harus ke kantor. Tergantung situasinya tetapi itu adalah contoh pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja tidak harus ke kantor untuk mengerjakannya," jelasnya.(okezone)

Posting Komentar untuk "Yuk Intip Cara Kerja PNS di Era New Normal"

Berlangganan via Email