9 Wisata Kabupaten Solok Yang Memanjakan Mata dan Hati

Ruangberita7.com -- Sumatera Barat sangat kaya akan wisata dan kekayaan alamnya. Setiap kabupaten di Sumatera Barat memiliki wisata yang sangat menarik. Hampir seluruh wisata ada dan kekayaan alam ada di provinsi ini mulai dari pulau, laut, pantai, danau, perbukitan sampai gunung yang tinggi.

Danau Gunung Talang
kali ini kita akan berwista ke Kabupaten Solok, memiliki banya sekali kekayan alam dan wisata namun masih sedikit masyarakat indonesia dan dunia yang tau tempat ini. kabupaten ini terletak antara Kota Solok dan Kota Padang.

Kota padang yang sebagai ibukota provinsi sumatera Barat bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten solok karena lokasinya yang dekat. selain lokasi yang strategis. Kabupaten solok dilalui oleh jalan lintas sumatera.

Berikut kekayaan alam dan wisata yang perlu diketahui di Kabupaten Solok

1. Tugu Ayam Kukuak Balanggek

Sumber Instagram: dickyadrian09
Tugu ini merupakan icon kebanggan masyarakat kabupaten solok. lokasi tugu ini sangat mudah di temukan karena letaknya yang tepat di kawasan jalur lintas sumatra di Kabupaten Solok. jika melakukan perjalanan dari kota padang kita cukup pergi menuju arah kota solok melalui sitinjau lauik, dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan dari kota padang yaitu sekitar 1 jam. 

Jika kita dari kota solok maka kita menempuh perjalanan ke arah kota padang dengan waktu tempuh dari kota solok yaitu kurang dari 1 jam.berada disini anda akan merasakan ketenangan dan merasakan segarnya udara di kawasan ini, karena lokasinya yang berada di perbukitan, sehingga anda akan merasakan dingin. 

Semakin sore tempat ini akan semakin ramai pengunjung. mulai dari masyarakat sekitar yang menghabiskan waktu sore bersama keluarga, sahabat dan lainya bahkan para pengendara yang melintasi jalur lintas sumatra ini untuk beristirahat sambil menikmati udara yang segar dan pemandangn yang indah sambil berfoto ria.

2. Taman Arosuka 



Taman yang terletak di dekat tugu ayam ini selalu ramai di kunjungi, semakin sore tempat ini akan semankin ramai. yang buat kagum diantaranya adalah walaupun tempat ini selalu ramai tapi tempat ini selalu bersih dari sampah.

Tempat ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga dan sahabat, berada disini anda akan merasakan ketenangan dengan menikmati taman yang indah dengan susun bunga yang rapi dan teratur serta rumput hijau yang terawat.

Selain itu anda akan menikmati dan merasakan pemandangan persawahan perbukitan yang ada di sekitar taman. selain itu udara yang sangat sejuk dan dingin semankin menambah kesegaran untuk fikiran dan tubuh. 

Untuk berlibut ke taman ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena disini tidak perlu membayar tiket masuk dan tidak ada petugas parkir. bagi yang sudah pensaran denga taman ini segera atur jadwal liburan bersama keluarga

3. Area Perkantoran Bupati



Area perkantoran di kabupten solok memiliki khas Sumatra Barat banget. dengan desain yang sangat menarik sehingga sangat bagus jika digunakan sebagai ojek untuk berfoto dengan latar belakang berciri khas daerah minang.

Area perkantoran ini letaknya berdekatan dengan tugu ayam, dan taman arosuka, yaitu tepat di kawasan jalur lintas sumatra antara kota solok dan kota padang. tuggu ayam letaknya tepat di depan are perkantoran kabupaten solok. 

4. Perkebunan Teh


Kabupaten solok memiliki kawasan perkebunan Teh yang sangat luas dan terdapat pabrik tempat produksi teh, tepatnya berada di kecamatan gunung talang. perkebunan teh di sini diawalai oleh perkebunan yang dimiliki oleh PTPN 6 Unit Usaha Danau Kembar kemudian saat ini masyarakat sekitar kawasan sekitar PT banyak yang memanfaatkan lahan tanahnya dengan menanam Teh, sehingga tempat ini menjadi kawasan perkebunan teh yang sangat luas.


Lokasinya jika dari tugu ayam anda mengarah ke kota padang. tidak jauh dari tugu ayam ada simpang 3 menuju pabrik PTPN 6. dari tugu ayam anda cukup menempuh perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai kelokasi. selama dalam perjalanan anda akan disuguhkan dengan keindahan alam dan kabut kabut yang menyelimuti perbukitan. di tempat ini anda akan merasakan sensasi dingin dan penuh kabut embun karena lokasi tempat yaitu daerah dataran tinggi lebih tepatnya di kawasan gunung talang.


Lokasi ini sangat cocok digunakan untuk wisata edukasi sebagai sarana tempat pembelajaran baik dari sekolah, komunitas maupun instansi perkantoran. bahkan lokasi ini sering digunakan sebagai tempat kemah.

sama seperti tempat lain di kabupaten solok. tempat ini akan semakin indah dinikmati pada saat pagi hari dan sore hari. selain pemandanganya yang indah kita juga bisa menikmati gunung talang tang tertutup dengan embun embun dan awan. yang sudah pasti di daerah ini sangat dingin. bahkan jika saya menggambarkan air yang diletakkan saja bisa jadi dingin seperti air Es. Tempat ini cocok dijadikan salah satu daftar tempat liburan bersama keluarga dan komunitas anda.

5. Masjid Tuo Kayu Jao 


Tidak jauh dari kawasan perkebunan Teh bahkan masih bisa dikatakan di lokasi sekitar perkebunan Teh terdapat sebuah masjid tua yang merupaka salah satu masjid tertua di indonesia. lebih tepatnya terletak di jorong kayu jao, masih kecamatan yang sama yaitu kecamatan gunung talang.

Masjid ini berdiri sejak tahun 1599 dan masih terawat keaslianya hingga sekarang.untuk sampai ke tempat ini anda akan melewati daerah perumahan warha dengan jalan yang menurun cukup tajam kemudian anda akan melewati lereng jurang yang sangat miring dan disamping kiri merupakan daerah jurang yang sangat miring.

Jalan menuju masjid ini memang sangat menantang dan butuh keberanian apalagi jika menuruninya menggunakan kendaraan harus orang yng sudah mahir menggunakan kendaraan.

Sulitnya perjalanan yng dilakukan akan terbayar lunas ketika nda sudah sampai bawah. karena sebelum and sampai ke masjid anda akan melewati jembatan yang dibawahnya mengalr air yang sangat jernih dengan gemercik suara air menumbur bebatuan. masjid ini di depan dan di sampingnya merupakan sungai yang airnya dingin dan sejuk.

Jika berwudhu di dini anda akan menikmatai segarnya air di daerah ini. desain dan keadaan masjid di luar dan di dalam masih sangat terawat dan khas. ketika anda beribadah di tempat ini anda akan merasakan kenikmatan dan ketenangan dengan suasana yang tenang dan dengan terdengar suara gemercik air dari sungai di sekitar masjid. dimasjid ini juga terdapat beduk yang unik.  

6. Danau Kembar


Danau kembar, sesuai dengan namanya danau kembar merupakan dua danau yang hampir sama dan letaknya berdekatan. kedua danau ini diberi nama danau diatas dan dan danau dibawah. ini informasi buat anda bahwa dalam pemberian nama danau ini cukup unik. anda akan mengira bahwa dananu di atas letaknya lebih tinggi, tetapi tenyata Danau diatas letaknya lebih rendah dari danau di bawah.

Untuk menuju danau ini kita cukup melanjutkan perjalanan dari perkebunan teh sekitar 30 menit perjalanan. tapi tenang saja. selama perjalanan anda tidak akan bosan karena di samping kiri dan kanan jalan anda akan dimanjakan dengan berbagai panorama, yaitu pemandangan indah gunung talang, perkebunan teh yang luas terbentang, perkebunan sayuran warga, rumah rumah warga dan perbukitan yang diselimuti awan. Setelah sampai di lokasi anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena pemandangan yang sangat indah.

Ketika baru sampai anda jangan bingung dengan danau kembarnya. Karena danau kembar ini akan terlihat kedanya apabila dilihat dari bukit yang tinggi di antara dua danau. untuk naik kebukit itu anda akan dikenakan biaya Rp 5000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5000 untuk dua orang.

Dari atas bukit ini anda akan dapat melihat dengan jelas kedua danau yang sngat indah dengan warna air yang biri dan disampingnya terdapat bukit dan perkebunan warga. jika anda lapar dan haus di sekitar danau banya warung warung yang harganya sesuai dengan kantong kita.

7. Bukit Cambai

Sumber: Instagram anak_anak-minang
Bukit Ini merupakan bukit yang spesial. karena dari bukit ini anda dpat menikmati keindahan danau kembar dan danau talang. dari atas bukit ini anda juga dapat menikmati indahnya perbukitan dan rumah rumah warga yang terletak dibawah.

8. Danau Talang.
Sumber Instagram : rivo_syaputra
Selain danau kembar di kabupaten solok ini juga terdapat danau talang yang dikelilingi bukit bukit gunung talang. tempat ini tidak kalah indah dengan danau kembar.

Kondisi alamnya yang masih asri dan airnya yang masih sangat segar dan bersih menjadi daya terik tersendiri. di danau ini banyak warga memanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari bahkan ada masyarakat yang mencari ikan di danau ini.

9. Persawahan

Masto46
Siapa yang tidak kenal dengan beras solok. beras yang sudah sangat terkenal ini berasal dari daerah ini. sesuai dengan namanya beras ini berasal dari daerah solok.

Selain sebagai tempat pertanian penghasil beras daerah persawahaan ini cocok menjadi tempat refresing untuk menghilangkan capek dan stres. selain pemandangannya yang indah. tempat ini juga sangat sejuk dan bahkan pada pagi dan sore hari, tempat ini terasa dingin.

Disini anda dapat melihat aktifitas petani yang sedang mengurus sawah, mulai dari membajak, menananam bahkan memanen. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi. ( Indonesia Kaya )

Posting Komentar untuk "9 Wisata Kabupaten Solok Yang Memanjakan Mata dan Hati"

Berlangganan via Email