Anies Baswedan Disebut Akan Menjual Gedung Pemerintah Saat Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota, Faktanya Begini...


RB7 – Tersiar kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menjual gedung pemerintah pusat saat Jakarta tak lagi menjadi ibu kota bagi Republik Indonesia.

Kabar tersebut ramai diperbincangkan di media sosial setelah akun Facebook Toponesia mengunggah narasi "Kalian pindah saja, nanti saya jual semua" disertai tautan artikel berjudul "Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Jual Gedung Pemerintah Pusat" yang dikirimnya ke dalam grup Media Politik Indonesia.

Mafindo melaporkan seperti dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com, tautan yang diunggah oleh Toponesia pada Jumat, 19 Juni 2020 itu merupakan hasil suntingan dari situs yang tidak dapat dipertanggung jawabkan keabsahan informasinya.

Dalam artikel yang ditautkan Toponesia itu menjelaskan bahwa Anies Baswedan yakin dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan Timur, DKI Jakarta akan menjadi pusat bisnis global.

“Gubernur DKI Jakata Anies Rasyid Baswedan, optimis pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur takkan menghambat pertumbuhan ekonomi Jakarta. Malah, dia menyebut kota ini akan menjadi pusat bisnis global”. Demikian narasi yang dimuat dalam artikel yang dibagikan Toponesia ke dalam lama grup Media Politik Indonesia.

Tautan artikel tersebut mengatasnamakan salah satu media di Indonesia dengan menyunting isi informasi yang berasal dari artikel berjudul “Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Manfaatkan Gedung Pemerintah Pusat” yang dipublikasikan pada Sabtu, 31 Agustus 2019 pukul 16.03 WIB.

Dalam artikel tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak membuat pernyataan seperti yang diklaim oleh akun Toponesia.

Anies Baswedan menuturkan bahwa dirinya akan menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait perubahan operasional dan fungsi gedung yang masih mereka gunakan hingga kini untuk berbagai aktivitas internal.

Tetapi Anies Baswedan berencana gedung pemerintah itu akan dialihfungsikan menjadi lokasi perekonomian yang tak kalah akan mendatangkan berbagai manfaat bagi DKI Jakarta.

Baca Juga: 2 Pengunjung CFD Bundaran HI Jalani Swab Test Usai Terbukti Reaktif Setelah Lakukan Rapid Test

“Saya juga mengusulkan sebagian bisa menjadi taman kota. Sehingga satu adalah efek lingkungan hidupnya baik, yang kedua untuk komersial itu akan menggerakkan perekonomian,” tutur Anies Baswedan.

Begitu juga dengan foto yang digunakan dalam artikel hasil suntingan diambil sama dengan foto yang dipublikasikan artikel asli, dalam keterangannya berasal dari situs Shutterstock.***

Sumber: Pikiranrakyat

Posting Komentar untuk "Anies Baswedan Disebut Akan Menjual Gedung Pemerintah Saat Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota, Faktanya Begini..."

Berlangganan via Email