Baru Dilantik, Direksi Baru Pertamina Gerak Cepat

Gedung Pertamina Persero  Foto: bumn.go.id

Ruangberita7.com - Usai dikukuhkan Menteri BUMN Erick Thohir pada Jumat (12/6), direksi baru PT Pertamina (Persero) bergerak cepat dengan langsung menunjuk susunan direksi subholding di perusahaan induk sektor migas tersebut. 

Dikutip dari pernyataan resmi Pertamina, pengukuhan subholding ini merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dengan pembentukan Holding Migas. Hal tersebut merupakan penjabaran dari roadmap program kementerian BUMN yang tercantum dalam Buku Putih Pembentukan Holding Migas. 

Terdapat lima subholding yang telah dibentuk yakni Upstream Subholding yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina Hulu Energi, Gas Subholding (PT Perusahaan Gas Negara), Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional), Power & NRESubholding (PT Pertamina Power Indonesia) dan Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga). Selain itu juga terdapat Shipping Company yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina International Shipping.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan pembentukan holding migas berikut lima subholding dan satu shipping company ini merupakan langkah strategis yang akan tercatat dalam sejarah Pertamina, karena merupakan inisiatif yang dilakukan untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan.  

“Dengan subholding ini, setiap bisnis nantinya dapat bergerak lebih cepat. Transformasi yang dilakukan saat ini adalah untuk menyiapkan lini bisnis Pertamina berkembang dan mandiri. Saat ini, lingkup bisnis Pertamina sangat luas, dengan tantangan dan kompetisi yang berbeda serta memiliki kekhususan risiko masing-masing," ujar Nicke.  

Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kiri) di Gedung Pertamina Pusat, sabtu (22/2). Foto: Ema Fitriyani/kumparan

Nicke pun langsung menunjuk dan mengukuhan pejabat masing-masing subholding yang akan memimpin perusahaan tersebut. Sesuai Surat Keputusan No. SR-396/MBU/06/2020 tanggal 12 Juni 2020, para CEO subholding tersebut adalah sebagai berikut:

* CEO Upstream Subholding (PT Pertamina Hulu Energi) dijabat Budiman Parhusip. 
* CEO Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional) Ignatius Tallulembang dengan didampingi Deputy CEO Budi Syarif Santoso. 
* CEO Power & NRESubholding (PT Pertamina Power Indonesia) Heru Setiawan. 
* CEO Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga) Mas'ud Khamid. 
* CEO Shipping Company (PT Pertamina International ShippingPIS) Erry Widiastono

Baca juga : Penyebab Meninggalnya Mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo karena Serangan Jantung

Sedangkan dua mantan direksi lainnya dari PT Pertamina (Persero), yakni mantan Direktur Hulu, Dharmawan H Samsu, serta mantan Direktur Pemasaran Korporat, Basuki Trikora Putra, dikukuhkan Komisaris Utama di Subholding.
Sumber : Kumparan

Posting Komentar untuk "Baru Dilantik, Direksi Baru Pertamina Gerak Cepat"

Berlangganan via Email