Bentuk Satgas Dana COVID-19: Kapolri Siapa pun yang Curang Akan Saya Sikat

Kapolri Jenderal Idham Azis membuka Musrenbang Polri 2020 di Mabes Polri. Foto: Dok. Polri

Ruangberita7.com - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengingatkan para pejabat untuk tidak main-main dengan dana penanganan COVID-19 yang telah disiapkan pemerintah. Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengaku akan menindak tegas siapa pun yang menyelewengkan penggunaan dana tersebut. 

"Ya, dalam situasi kondisi pandemi seperti ini, apabila ada yang menyalahgunakan, maka Polri tidak pernah ragu untuk 'sikat' dan memproses pidana," kata Idham dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (15/6). 

Idham juga membentuk Satuan Tugas untuk mengawasi penggunaan dana tersebut. Menurut Idham, Satgas tidak akan segan menindak oknum yang menyalahgunakan dana yang dikhususkan bagi rakyat itu.  

"Polri sudah membentuk satgas khusus di bawah kendali Kabareskrim," ujar Idham. 

Idham juga mengingatkan semua pihak jangan menyalahgunakan kelonggaran aturan dana COVID-19 dengan tujuan memperkaya diri.  

"Presiden sudah mempermudah proses pencairan dana COVID-19. Awas, siapa saja yang ingin bermain curang, akan saya sikat. Hukumannya sangat berat," tegas Idham. 

Sebelumnya, dalam Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2020, Presiden Jokowi mengaku pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 677,2 triliun untuk penanganan corona dan pemulihan ekonomi nasional. Ia mengajak aparat penegak hukum, untuk mengawal penggunaan dana tersebut. 

"Saya ajak untuk kawal dan awasi dengan baik agar dana yang besar dapat membantu masyarakat dan pelaku usaha yang sedang alami kesulitan. Aspek pencegahan harus dikedepankan, kita semua proaktif jangan menunggu terjadinya masalah," ucapnya.
Sumber: Kumparan

Posting Komentar untuk "Bentuk Satgas Dana COVID-19: Kapolri Siapa pun yang Curang Akan Saya Sikat"

Berlangganan via Email