CFD Jakarta Dibuka, Warga Dilarang Berjualan dan Sangsi Denda Bagi Yang Tak Bermasker

Sumber: Detik
Ruangberita7- Car free day (CFD) di DKI Jakarta akan dibuka kembali hari ini di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Warga diingatkan untuk tetap menerapkan pedoman protokol kesehatan selama berkegiatan CFD.

"Ya kalau hanya untuk diam sebentar sesaat sih nggak apa-apa ya, asal jangan kemudian berkumpul berlama-lama, nongkrong-nongkrong, ya kita akan ingatkan mereka agar terus bergerak," kata Kasatpol PP, Arifin kepada wartawan, Sabtu (20/6/2020).

"Intinya tidak diperbolehkan untuk diam, kemudian diam dan berkerumun, diam dan berkerumun tidak boleh, harus jalan," tambahnya.

Arifin mengatakan Satpol PP akan mengingatkan warga agar tak berkumpul saat CFD berlangsung. Namun berbeda dengan warga yang tak memakai masker, warga tersebut akan dikenakan sanksi.

"Kalau hanya sekedar berhenti kan hanya diingatkan suruh jalankan. Tetapi kalau berkaitan dengan masker, pastinya akan kita secara tegas akan kita kenakan sanksi. Jadi orang yang akan masuk ke kegiatan car free day, dipastikan dia menggunakan masker, kalau tidak menggunakan masker maka anggota yang ada di sepanjang Thamrin-Sudirman itu akan mengenakan sanksi sebagaimana ketentuan," ujar Arifin.

"Sekali lagi, orang yang car free day wajib pakai masker. Tidak pakai masker akan kena sanksi di car free day. Pertama, nggak bisa masuk ke car free day karena car free day kan ada yang jaga. Tapi kalau di dalam kawasan car free day tak pakai masker, kita kenakan sanksi tegas Rp 250 ribu. Makanya harus pakai masker," tegasnya.

Arifin menjelaskan akan menurunkan 500 personel Satpol PP untuk memantau kegiatan CFD. Satpol PP djuga disiagakan untuk mengantisipasi pedagang yang membandel berjualan.

"Ya nanti anggota akan kita gelar seluruh sepanjang Thamrin-Sudirman itu, itu akan disebar anggota Satpol PP lebih kurang hampir 500 orang, sepanjangan Thamrin-Sudirman kiri-kanan baik sisi barat maupun sisi timur koridor Thamrin-Sudirman itu," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan hari CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, akan berlaku kembali pekan ini. Namun, Anies mengatakan belum ada yang boleh berjualan.

"Minggu depan akan bebas kendaraan bermotor tapi belum boleh berjualan, agar jarak amannya terjaga. Karena kalau naik sepeda dan jalan kaki bisa menjaga jarak aman. Tapi ketika berjualan itu potensinya padat, karena itu Minggu depan kita lakukan CFD hanya untuk olahraga," kata Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (14/6). 

Sumber: Detik

Posting Komentar untuk "CFD Jakarta Dibuka, Warga Dilarang Berjualan dan Sangsi Denda Bagi Yang Tak Bermasker"

Berlangganan via Email