Daftar Zona Kuning 'PSBB' dan Zona Biru 'New Normal' di Jabar

Petugas Polresta Cirebon memeriksa kendaraan yang melintas di pintu Tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Ruangberita7.com, Bandung, -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memilih melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 26 Juni. Sementara untuk daerah zona biru PSBB tak lagi diterapkan dan diizinkan menerapkan kebiasaan normal baru atau New Normal. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan PSBB diperpanjang lantaran ada sepuluh daerah yang masih zona kuning. PSBB  akan diterapkan secara proporsional.

Wilayah Bogor, Depok dan Bekasi termasuk zona kuning sehingga PSBB proporsional tetap diterapkan. Namun pelaksanaanya lebih lama yakni sampai 2 Juli, disamakan dengan DKI Jakarta.



Zona kuning adalah Kota Bandung. Ibu Kota Jabar itu adalah satu-satunya wilayah di Bandung Raya yang berstatus zona kuning.

"Wilayah Bodebek masih kuning dan Bandung raya, tinggal Kota Bandung yang masih kuning," kata Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Jumat (12/6)
Lihat juga: Perpanjang PSBB Jabar, RK Tetap Samakan Bodebek dengan DKI
Sementara untuk Kota Bandung, Kabupaten Subang dan Kota Cimahi sudah 'naik kelas' ke zona biru sehingga diizinkan mengakhiri PSBB.

Sementara untuk Kota Garut justru 'turun kelas' dari zona biru ke zona kuning 

Mantan Wali Kota Bandung itu lebih menjelaskan, total zona biru naik dari 15 menjadi 17 wilayah. Dan total zona kuning turun dari 12 menjadi 10 wilayah.
Ia pun meminta kepada daerah yang masih dalam level kewaspadaan tingkat tiga atau zona kuning untuk memaksimalkan pengetesan Covid-19 di desa/kelurahan yang masih tinggi tingkat penularannya selama dua minggu ke depan.

"Semoga secepatnya ada yang menjadi zona hijau," ujar Emil.

Berdasarkan tabel level kewaspadaan kabupaten/kota di Jabar, 10 daerah yang masuk zona kuning adalah:

1. Kabupaten Bekasi 
2. Kabupaten Bogor
3. Kabupaten Garut
4. Kabupaten Indramayu
5. Kabupaten Karawang
6. Kabupaten Sukabumi
7. Kota Bandung
8. Kota Bekasi
9. Kota Bogor
10.Kota Depok.

Adapun wilayah yang sudah dinyatakan masuk dalam zona biru maka akan dianjurkan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Wilayah masuk zona biru itu adalah:

1. Kabupaten Bandung
2. Kabupaten Bandung Barat
3. Kabupaten Ciamis 
4. Kabupaten Cianjur
5. Kabupaten Cirebon
6. Kabupaten Kuningan.
7. Kabupaten Majalengka
8. Kabupaten Pangandaran
9. Kabupaten Purwakarta
10. Kabupaten Subang
11. Kabupaten Sumedang
12. Kabupaten Tasikmalaya
13. Kota Banjar
14. Kota Cimahi
15. Kota Cirebon
16. Kota Sukabumi
17. Kota Tasikmalaya.

Menurut Emil, situasi PSBB di Jabar berbeda-beda. Daerah dengan zona biru diizinkan tidak melanjutkan PSBB dan melaksanakan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Jadi artinya ada tiga situasi di Jawa Barat saat ini. Satu yang melaksanakan PSBB proporsional hingga 2 Juli [Bodebek], lalu ada yang melanjutkan PSBB proporsional sampai 26 Juni [zona kuning], dan wilayah tidak melanjutkan PSBB karena masuk zona biru," kata Emil dalam jumpa pers daring, Jumat (12/6). (hyg/bac) CNN

Posting Komentar untuk "Daftar Zona Kuning 'PSBB' dan Zona Biru 'New Normal' di Jabar"

Berlangganan via Email