Gambar Satelit Ungkap Sejak Kapan Virus Corona Merebak di China

Gambar Satelit Ungkap Virus Corona Menyebar di China Sejak Agustus. (Foto: BBC World)

Ruangberita7, Jakarta - Berdasarkan hasil studi terbaru, virus Corona baru penyebab COVID-19 diprediksi sudah menyebar di China sejak Agustus 2019.

Temuan ini terungkap dari hasil riset Harvard Medical School berdasarkan gambar satelit pola perjalanan rumah sakit dan data mesin dari mesin pencarian.

Dikutip dari Reuters, penelitian ini menggunakan citra satelit resolusi tinggi dari tempat parkir rumah sakit di Wuhan, China, tempat penyakit ini mulai merebak akhir 2019.

Selain itu, mereka juga memanfaatkan data mesin pencarian untuk pertanyaan-pertanyaan terkait gejala penyakit seperti 'batuk' dan 'diare'.

"Peningkatan lalu lintas rumah sakit dan data pencarian gejala penyakit di Wuhan mendahului awal pandemi SARS-CoV-2 yang didokumentasikan pada Desember 2019," demikian jelas penelitian tersebut.

Meski para peneliti tidak bisa mengonfirmasi peningkatan volume itu terkait langsung dengan virus baru Corona baru, bukti tersebut mendukung penelitian terbaru lainnya yang menunjukkan bahwa kemunculan fenomena itu terjadi sebelum terkuaknya identifikasi di pasar seafood Huanan.

"Temuan ini juga menguatkan hipotesis bahwa virus muncul secara alami di China selatan dan berpotensi sudah beredar pada saat cluster Wuhan merebak," lanjut keterangan dalam jurnal penelitian tersebut.

Yang jelas, menurut hasil penelitian ini, terlihat adanya peningkatan tajam dalam hal hunian tempat parkir di rumah sakit sejak Agustus 2019.

"Pada bulan Agustus, kami mengidentifikasi peningkatan yang unik dalam pencarian gejala diare yang tidak terlihat pada musim flu sebelumnya, dan tercermin juga dalam data pencarian untuk gejala batuk," tutup para peneliti.

Posting Komentar untuk "Gambar Satelit Ungkap Sejak Kapan Virus Corona Merebak di China"

Berlangganan via Email