Inilah 7 Tips Bikin Foto Sosmed Keren Kekinian

Tips Foto - Euforia sosial media di seluruh dunia membawa pengaruh yang begitu signifikan bagi gaya hidup di era sekarang. Kehadiran instagram, twitter, facebook dan jejaring sosial lainnya memiliki dampak positif dan negatif yang seketika waktu menyebar luas ke seluruh masyarakat dunia.

A Photo by @daminobenhamza via instagram 
Hal yang menjadi trend di era modern ini adalah posting foto di sosial media. Beragam alasan mengapa manusia zaman 'now' sangat senang membagikan foto pribadi di sosial media mulai dari bersosialisasi, menyimpan foto berharga sampai  ada juga yang bermaksud pamer.

Menurut Bang Mamad guys, hal tersebut lumrah dilakukan untuk eksistensi asal jangan berlebihan dan ujub. Berikut tips foto agar mendapatkan banyak like di sosial media.

1. Buatlah fotomu bermakna 

a photo by @kofipon via instagram
Bagi kaum milenial di Indonesia berwisata tanpa berfoto adalah hal yang tidak mungkin dilakukan. Karena setiap moment yang terjadi tidak akan terulang kedua kalinya. 

Meski begitu, banyak para pecinta foto yang kalap memasang fotonya di sosial media. Mulai dari selfie bikin yang melihat ilfeel sampai posting foto setiap menit yang tak punya makna dan miskin gaya.

Orang-orang seperti ini pasti banyak kita temukan atau mungkin Anda termasuk kelompok ini. Menurut riset orang-orang yang asal posting foto di sosial media akan mendapatkan antipati dari pengguna sosial media lainnya.

Di instagram misalnya, orang yang terlalu rajin memasang foto tak bermakna dan asal gaya berpotensi besar untuk di block pengguna lainnya. Bukannya mendapatkan like, malah follower Anda akan berkurang.

2. Ciptakan Seni di Fotomu

a photo by @disney via instagram
Foto apapun yang Anda jepret itu sah-sah saja asal sesuai dengan norma-norma yang ada. Hal yang harus kamu lakukan adalah membuat sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang bernilai seni menarik.

Sudut pengambilan foto akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil foto yang akan didapatkan. Untuk angle foto rumus dasarnya adalah dibagi tiga guys, istilahnya rules of third.

sumber : www.digitaltrends.com
Kamu dapat meletakkan objek fotomu di tengah, kiri ataupun kanan. Hal tersebut sesuaikan jarak dan latar belakang yang akan kamu tonjolkan juga ya guys.

3. Resolusi Fotomu

sumber : juliavsmpbodhisattva.blogspot.com
Anda sering liat foto pecah atau gak sedap di pandang mata. Itu sangat sering terjadi terutama di facebook.

Untuk itu unggahlah foto yang memiliki resolusi tinggi minimal 1000 pixel. Kualitas kamera juga sangat mempengaruhi resolusi foto, untuk itu pilihlah kamera resolusi tinggi.

4. Pose atau style

a photo by @thehughjackman via instagram
Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, gaya amat penting. Ada banyak gaya selebgram dunia ataupun indonesia yang dapat kamu tiru. Kalau tidak, kamu bisa foto dengan gaya diri sendiri.

Ada banyak trend foto yang sedang digemari sekarang seperti hypebeast. Trend foto ini menampilkan sesuatu yang simple menjadi mahal dan berkelas.

Sesuaikanlah pakaianmu, gaya rambut dan aksesoris dengan tema foto. Misalnya tema foto urban, gunakanlah pakaian yang sesuai dengan konsep foto tersebut. Begitupun kalau konsepnya alam. Ingat ya, jangan salah kostum.

5. Editing
a photo by @aganharahap via instagram
Pada prinsipnya editing adalah untuk menambahkan keindahan dalam sebuah foto bukan merubah ataupun menipu hasil foto.

Sesuatu yang diedit berlebihan akan tidak disukai bagi banyak orang karena terlihat tidak natural. Nah, untuk itu bagi kamu yang ingin mengedit foto, usahakan editannya maksimal hanya 30%.

Ada beberapa aplikasi editing yang dapat kamu gunakan di ponsel pintar kamu. Bang Mamad rekomendasikan ialah pics art dan VSCO Cam.

6. Buat caption atau cerita menarik

a photo by @hazardeden_10 via instagram
Salah satu hal yang akan membuat foto bermakna adalah membuat cerita menarik di balik foto tersebut. Cerita tersebut bisa motivasi, pengalaman ataupun hal lainnya. Tapi ingat jangan buat ujaran kebencian ya.

7. Belajar Seni Fotografi

sumber : wallpaperbetter.com
Untuk mengetahui keindahan sebuah foto, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu foto yang indah itu seperti apa. Nah, hal yang harus Anda lakukan adalah belajar seni fotografi.

Persaingan untuk mendapat like di sosial media bukan lah hal yang mudah. Perlu usaha keras untuk sobat semua menciptakan konten foto sosmed keren dan kekinian.

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan dan paling mudah adalah bekerja sama dengan fotografer profesional.

Itu dia gusy, tips membuat konten foto keren kekinian ala Bang Mamad. Semoga dengan ini Anda menjadi orang yang foto-fotonya mampu menjadi inspirasi banyak orang.

(mamad/ruangberita7)

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Tips Bikin Foto Sosmed Keren Kekinian"

Berlangganan via Email