Hari Pertama PSBB Transisi DKI, Kemacetan Kembali Menyergap

Jakarta kembali macet pada hari pertama PSBB transisi DKI. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Ruangberita7.com -- Kemacetan dialami sejumlah pengendara di hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta, Jumat (5/6).

Salah satunya dialami Tri yang terjebak macet di ruas tol Jakarta-Cikampek saat berangkat dari rumahnya di Bekasi menuju kantor di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Tri menuturkan, kemacetan mulai terjadi saat memasuki gerbang tol Halim. Mobil yang ditumpangi sempat tak bergerak sejauh kurang lebih 100 meter.

"Di gerbang tol Halim itu macet dari kilometer 0 lalu tersendat lumayan lama sejauh 100 meter," ujar Tri saat dihubungi.

Begitu memasuki kawasan Cawang, jalanan ramai lancar. Namun begitu tiba di ruas fly over Pancoran, kemacetan kembali terjadi. Menurut Tri, kemacetan ini serupa dengan kondisi yang kerap ia temui sebelum pandemi Covid-19.

"Macetnya sudah seperti kondisi normal, ketika enggak ada Covid-19 gitu. Kemarin-kemarin kan sempat sepi, sekarang sudah macet seperti biasanya," katanya.

Mobil yang ditumpangi Tri kemudian berusaha mencari jalan alternatif dengan melintasi ruas jalan Kalibata. Ia khawatir jika melewati ruas jalan Gatot Soebroto, kemacetan akan semakin parah.

"Enggak tahunya di Kalibata macet juga," tutur Tri.

Perjalanan dari rumah ke kantor yang biasanya dapat ditempuh dalam waktu 30 menit selama pandemi Covid-19, kini harus ditempuh Tri selama lebih dari satu jam.
Ruas jalan Pancoran Barat di Jakarta Selatan mulai dipadati kendaraan bermotor pada Jumat (5/6). (CNN Indonesia/Dhio Faiz)

Selain itu pantauan CNNIndonesia.com, kemacetan juga terjadi di kawasan Jalan Lenteng Agung Raya. Kendaraan bermotor mengular sekitar 2 kilometer mulai dari depan Universitas Pancasila hingga depan IISIP Jakarta. Antrean kendaraan didominasi oleh sepeda motor.

Kondisi jalan makin padat karena ada pembangunan Jalan Layang Lenteng Agung yang memadati hampir separuh jalan.

Kepadatan juga terjadi di Tanjung Barat arah Pasar Minggu. Lalu lintas padat merayap bermula dari depan Stasiun Tanjung Barat hingga depan Kompleks Batan, Pasar Minggu.

Mulai banyaknya kendaraan bermotor yang turun ke jalan diperparah dengan kondisi pembangunan jalan layang. Separuh jalanan diisi pondasi jalan layang dan beton yang belum tersusun.

Titik kemacetan berikutnya ada di Pancoran Barat. Kendaraan bermotor dari arah Pasar Minggu bertemu kendaraan dari arah Cawang di ujung Flyover Pancoran.

Kepadatan jalan ditambah parah dengan proyek LRT yang masih berlangsung. Halte-halte Transjakarta juga sudah mulai beroperasi. Kemacetan di titik ini membentang dari simpang Pancoran hingga pertigaan Jalan Kapten Tendean.

Selain itu, Jumat (5/6) ini merupakan hari pertama para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali masuk ke kantor. Banyak pula para pegawai swasta yang juga bekerja di kantor pekan ini.

Sementara transportasi umum seperti kereta, MRT, hingga bus Transjakarta, tampak masih lengang. Kondisi ini kemungkinan karena orang-orang masih khawatir menumpang transportasi publik di tengah pandemi virus corona.

Kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat tampaknya masih menjadi pilihan utama para warga untuk bekerja. Kondisi ini yang membuat kendaraan tumpah ruah di Jabodetabek sehingga menimbulkan kemacetan.(dhf/bac) CNN

















Posting Komentar untuk "Hari Pertama PSBB Transisi DKI, Kemacetan Kembali Menyergap"

Berlangganan via Email