Kapal Pembawa Sembako Tenggelam di Perairan Sukadana

TNI AL lakukan pencarian Kapal Tenggelam di Perairan Ketapang. Foto: Dok. Istimewa

Ruangberita7.com - Pos TNI Angkatan Laut (Posal) TelokMelano, Lanal Ketapang, dan jajaran Polairud TelokMelano menggelar operasi SAR terkait tenggelamnya KM Mekar Jaya 03, yang mengalami kebocoran hingga tenggelam di Perairan Sukadana, Kalimantan Barat, Jumat (12/6).  

Pada proses evakuasi tersebut, personel gabungan berhasil menyelamatkan 7 orang yang terdiri dari nakhoda dan 6 ABK. 
"Tujuh orang awak KM Mekar Jaya 03 berhasil ditemukan oleh Tim SAR dalam keadaan selamat, selanjutnya dievakuasi menuju Kantor PospolairudTelokMelano untuk dilaksanakan pendataan dan pengecekan kondisi kesehatan," ucap Komandan PosalTelokMelano, Pembantu Letnan Dua Ade Rachmat, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/6).  

Ade menjelaskan, kronologi tenggelamnya kapal yang memuat 110 ton sembako dan kelontong ini. Awalnya kapal berlayar dari Pelabuhan Seng Hie Pontianak dengan tujuan Pelabuhan Sonan, Ketapang, Rabu (10/6). Kemudian, KM Mekar Jaya 03 sempat singgah di Pelabuhan Telok Batang untuk mengisi bekal ulang pada Kamis (11/6).  

TNI AL lakukan pencarian Kapal Tenggelam di Perairan Ketapang. Foto: Dok. Istimewa
Keesokan harinya, KM Mekar Jaya 03 kembali berlayar menuju ke pelabuhan Sonan. Tapi dalam perjalanan, kapal ini mengalami kebocoran pada lambung kanan yang mengakibatkan pecahnya papan kayu.  

Beruntung, kapal tenggelam secara perlahan di perairan Sukadana. Para ABK pun mencoba menghubungi pihak keluarga dan menyelamatkan diri dengan naik ke bagian atas kapal sembari menunggu diselamatkan. 

"Informasi tenggelamnya kapal diinformasikan oleh kerabat nakhoda kapal, bahwa KM Mekar Jaya mengalami kebocoran pada bagian haluan kapal, sehingga mengakibatkan kapal tenggelam di perairan Sukadana bersama 6 ABK lainnya," tutup Ade.
Sumber : kumparan

Posting Komentar untuk "Kapal Pembawa Sembako Tenggelam di Perairan Sukadana"

Berlangganan via Email