Kemendagri Minta KPU Segera Rampungkan PKPU Pilkada 2020

Ilustrasi pemungutan suara di TPS Foto: Anggi Dwiky/kumparan

Ruangberita7.com - KPU tengah merampungkan PKPU mengenai penyelenggaraan Pilkada 2020 di tengah pandemi corona. Sebelum mengesahkan PKPU tersebut, KPU terlebih dahulu menggelar uji publik secara virtual yang diikuti perwakilan Kemendagri, partai politik, Bawaslu, hingga akademisi. 

Dalam uji publik tersebut, Kemendagri meminta rancangan PKPU segera dituntaskan KPU. Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik, mengatakan setelah PKPU selesai, pihaknya dapat menyesuaikan dengan dana atau naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) antara Pemda dengan KPUD.

"Kami apresiasi KPU sudah membuat PKPU dalam tahapan kondisi pandemi. Kami sangat ingin ini cepat selesai, karena ini berkaitan dengan bagaimana kita merekonstruksi dukungan dana dari NPHD," kata Akmal dalam uji publik virtual PKPU Pilkada, Sabtu (6/6).

"Sekarang 270 daerah tengah menunggu, bagaimana format penyelenggaraan oleh KPU, berapa jumlah TPS. Sehingga nanti kita bisa merekonstruksi berapa tambahan dana yang diminta oleh KPU," sambungnya. 

Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik. Foto: Dok. Kemendagri

Akmal menyatakan pelaksanaan Pilkada perlu didukung dengan APBD. Namun diharapkan tak memberatkan agar penanganan virus corona tak terhambat. 

"Kami melihat opsi yang ditawarkan KPU terkait kemungkinan tambahan anggaran. Sekali lagi kami memahami dukungan pembiayaan terbesar adalah dari APBD. Tentunya kita harus mendorong agar bagaimaan APBD bisa direkonstruksi sehingga tidak mengganggu upaya lain seperti penanganan COVID," ucapnya.

Untuk itu, kata dia, Kemendagri meminta KPU segera memberikan data yang lengkap mengenai kebutuhan anggaran Pilkada. Sehingga Kemendagri dapat menghitung kebutuhan Pilkada 2020 di tengah pandemi. 

"Itu kenapa Kemendagri sangat berkepentingan sekali mendapatkan data dan fakta yang fix dari KPU tentang bagaimana format tahapan penyelenggaran Pilkada dalam kondisi COVID-19," kata dia.


"Inilah yang bisa kita gunakan sebagai dasar untuk melihat bagaimana perimbangan dana dari APBD dan dari APBN," tutupnya.
Sumber: Kumparan

Posting Komentar untuk "Kemendagri Minta KPU Segera Rampungkan PKPU Pilkada 2020"

Berlangganan via Email