Kementerian ESDM ke PLN, Minta Tolong yang Benar Meteringnya

Petugas PLN mengganti meteran listrik di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (15/5/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Ruangberita7.com - Kementerian ESDM turut buka suara terkait persoalan lonjakan tagihan listrik yang dialami pelanggan PLN selama pandemi COVID-19. 

Sebagai regulator di bidang ketenagalistrikan, Kementerian ESDM memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap PLN. 

Direktur Bisnis dan Usaha Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Wahyudi, memastikan bahwa pemerintah mengingatkan agar PLN mengutamakan efisiensi. Termasuk meminta agar PLN tidak melakukan kesalahan dalam melakukan penghitungan penggunaan listrik. 

"Tetap PLN kita edukasi juga tolong yang benar meteringnya, ini kan di meter. Jangan sampai ada hal yang tidak pas sehingga terjadi susut," ujar Hendra dalam video conference, Kamis (11/6). 

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat tetap mendukung PLN. Hal ini, menurutnya, penting demi mencapai target efisiensi pemakaian listrik. 

"Mari kita gunakan listrik secara bijak, PLN ini sudah berdarah-darah, mari kita dukung," ujarnya. 

Sementara terkait polemik kenaikan tagihan, ia memastikan tidak ada kenaikan tarif dasar listrik. Ia juga membantah soal isu adanya manipulasi hingga subsidi silang. 

"Fakta satu listrik tetap sudah jelas, tidak ada manipulasi pemakaian, tidak ada subsidi silang. Masyarakat tidak mampu, pemerintah sudah komitmen memberikan listrik gratis dan diskon 50 persen," tuturnya.
Sumber: Kumparan

Posting Komentar untuk "Kementerian ESDM ke PLN, Minta Tolong yang Benar Meteringnya"

Berlangganan via Email