Khawatir Penularan Corona, Arab Saudi Batasi Jemaah Haji Hanya Seribu Orang

Foto: BBC Indonesia
Pemerintah Arab Saudi akan membatasi jumlah jemaah untuk pelaksanaan ibadah haji yakni hanya sekitar 1.000 orang saja sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Corona.
Menteri pelaksanaan ibadah Haji, Mohammed Benten, mengatakan pada konferensi pers bahwa kriteria kesehatan yang ketat akan digunakan untuk memilih jemaah yang memenuhi kriteria. Perlu dicatat bahwa penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini juga hanya dikhususkan bagi penduduk lokal.

"Mereka yang berusia di atas 65 tahun tidak diizinkan melaksanakan ibadah haji," sebut Benten dikutip dari Reuters.

Sekitar 2,5 juta jemaah haji mengunjungi situs Islam paling suci di Mekkah dan Madinah selama sepekan. Namun karena pandemi Corona, baik Haji dan Umrah ditunda pelaksanaannya.

"Kerajaan Arab Saudi berkeinginan semua Muslim dari berbagai kalangan untuk melakukan ibadah haji, tetapi kondisi kesehatan global membuat pelaksanaan haji tahun ini menjadi pengecualian," terangnya.

Saat ini Arab Saudi mencatat lebih dari 161 ribu infeksi virus Corona dengan 1.300 orang meninggal dunia.

Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq al-Rabiah mengatakan bahwa semua pekerja di lokasi Haji akan diuji kesehatannya dan rumah sakit khusus telah disiapkan untuk menangani keadaan darurat. detik 

Posting Komentar untuk "Khawatir Penularan Corona, Arab Saudi Batasi Jemaah Haji Hanya Seribu Orang"

Berlangganan via Email