Masya Allah: Inilah Kisah Pisang "Seribu Buah" Milik Zurliani

Warga Kota padang, Zurliani miliki pisang yang diperkirakan punya seribu buah
(foto:okezone.com)

Ruangberita7.com - Zurliani (61) warga Surau Balai, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, memiliki pohon pisang unik dengan tandan hampir sepanjang dua meter. Bahkan tandannya lebih tinggi dari pada orang dewasa, buahnya sebesar ibu jari sampai telunjuk ini diperkirakan seribu.

Bahkan panjang tandannya itu sudah menyentuh tanah, namun pohon pisang milik Zurliani ini ditopang dengan balok kayu agar tidak sampai roboh lantaran buah tandannya lebih bear dari pada batangnya.

Zurliani bercerita kepada wartawan Okezone.com, awalnya bibit pisang ini diminta ini kepada salah seorang temannya di kawasan Lubuk Begalung, Kota Padang. Kemudian dia menanamnya di halaman depan rumah.

"Empat bulan lalu saya minta bibit pisang ini satu batang, setelah saya tanam ternyata tumbuh menjadi tujuh batang dan masih banyak anak-anaknya lagi,” tuturnya pada Senin (15/6/2020).

Zurliani pemilik pohhon pisang "seribu buah"
(foto: okezone.com)

Zurliani tidak menyangka lama-lama pisang itu berbuah banyak. Dia memperkirakan buah pisang manis ini sudah berusia satu bulan. “Pisang ini hanya ditanam begitu saja sama dengan menanam pisang lainnya dan tidak saya sangka kiranya pisang ini begini bentuknya,” ujarnya.


Banyak warga yang meminta pisang tersebut, namun karena belum masak maka ia tidak meberikannya. Namun kalau sudah masak dan dipanen, kata Zurliani, pasti akan diberikan kepada yang meminta.

"Saya belum mau memberikannya karena masih berukuran kecil. Nanti kalau tumbuh, ukurannya seperti pisang manis pada umumnya,” ucapnya.

“Jika tanah ini subur, pisang ini sebenarnya bisa tumbuh setinggi dua meter, tapi karena tanahnya kurang bagus jadi seperti ini lebih panjang tandannya dari pada batangnya," pungkas Zurliani. (Okezone)

Posting Komentar untuk "Masya Allah: Inilah Kisah Pisang "Seribu Buah" Milik Zurliani "

Berlangganan via Email