Mediasi Kedua Kubu PSHT Telah Selesai dan Tandatangan Kesepakatan

gamabar
Agustus 2018 -- Perseteruan dua kubu Ketua Umum perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dilakukan melalui jalur mediasi. Hasilnya, kedua pimpinan yang berseteru akan dipertemukan.

"Intinya akan menyampaikan ke pimpinannya masing-masing dari apa yang dihasilkan mediasi itu. Mereka sepakat masing-masing nanti semua ke ketuanya masing-masing," kata Kapolresta Madiun AKBP Nasrun Pasaribu kepada wartawan di Gedung Diklat Kota Madiun, Senin (13/8/2018).

Nasrun menjelaskan, dalam mediasi itu juga telah diambil kesepakatan untuk mempertemukan masing-masing ketua dari dua kubu.

"Nanti kita serahkan sepenuhnya ke masing-masing kubu kapan dijadwalkan," ujarnya.

Sebelumnya mediasi kedua kubu sempat gagal setelah dipertemukan selama 4 jam di padepokan PSHT, Minggu (12/8) malam. Saat itu kubu pimpinan M Taufik di dalam gedung padepokan sejak pagi.

Kedatangan mereka membuat kubu Moerdjoko tak terima. Karena menganggap massa kubu M Taufik masuk merusak gembok gerbang utama. Sehingga nyaris bentrok antar kedua kubu.

Beruntung polisi dan TNI serta Satpol PP bisa menghalau dengan berada di tengah-tengah massa yang berjarak hanya 100 meter.

Diketahui Parapatan Luhur (Musyawarah Besar) PSHT telah dilakukan Maret 2016. Majelis Luhur memutuskan Dr HM Taufik, Deputy Menteri Koperasi dan UKM menjadi Ketua Umum PSHT masa bakti 2016-2021. Namun kubu Kepemimpinan R Moerdjoko HW juga membuat keputusan parapatan leluhur tahun 2017.

Sementara itu Ketua Pamter Pusat PSHT Bagus Rizky Dinarwan membenarkan isi hasil mediasi tersebut. Pertemuan antara kedua pimpinan yang saling klaim segera dilakukan.

"Jadi kita kembali ke ajaran SH Terate. Bagaimana, kan dulu pengesahan pakai suruh (sirih). Yaitu Ngangsu kaweruh (Menimba ilmu meminta masukan). Senajan bedo dipikir podo rasane (Meskipun berbeda dipikir bersama)," ungkap Bagus.

Usai mediasi kedua kubu menandatangani kesepakatan bersama yang disaksikan oleh jajaran Forkopimda Kota Madiun. Dalam mediasi ini dipimpin oleh Wakil Wali Kota Madiun Armaya. ( detik.com ) Senin, 13 Agu 2018

Posting Komentar untuk "Mediasi Kedua Kubu PSHT Telah Selesai dan Tandatangan Kesepakatan"

Berlangganan via Email