Netizen Malah Sibuk Populerkan Tagar #TerimakasihBPJS di Hari Lahir Pancasila, Ada Apa?



Ruangberita7.com--Pada hari ini 75 tahun yang lalu atau tepatnya 1 Juni 1945 berlangsung sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang pertama. 

Ir. Soekarno saat itu mengungkapkan lima sila atau dasar yang merupakan konsepnya mengenai dasar negara Indonesia.  

Dalam pidatonya pada sidang BPUPKI itu, Bung Karno merangkum kelima sila tersebut dalam satu kesatuan istilah yang disebut sebagai Pancasila.

"Namanya bukan Panca Darma, tetapi—saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa—namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi," seru Soekarno dikutip dari pemberitaan Harian Kompas, 1 Juni 2011.

Hal itulah yang dianggap awal lahirnya pancasila. Kemudian ditetapkanlah setiap tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Di tengah situasi dunia dan negara kita yang tak menentu akibat penyebaran virus Covid-19 beragam hal disampaikan tokoh politik, publik figur dan organisasi dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ini.

Nahdlatul Ulama melalui akun twitternya @nahdlatululama menyampaikan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dengan menyandingkan Pancasila dan islam

Pancasila dan Islam adalah hal yang dapat  sejalan dan saling menunjang. Keduanya tidak bertentangan dan jangan dipertentangankan” KH. Achmad Shiddiq (Rais Aam PBNU 1984-1991) Selamat Hari Lahir Pancasila. Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad."

Senada dengan hal itu, Partai PKB menuliskan berikut ini

Din Syamsuddin menyampaikan dua poin penting berkaitan dengan Pancasila.

  1. Pancasila mengandung nilai-nilai Islam, maka jangan disapih dari Islam; Dengan agama Negara Pancasila kan tegak, tanpa agama ia jadi retak.
  2. Pancasila adalah utk dilakukan, bukan sekedar diucapkan, apalagi diklaim sepihak. Sayang ucap dan laku jauh berjarak.
Sedangkan Hidayat Nur Wahid atau yang kerap dipanggil HNW dalam akun twitternya menyampaikan hal sebagai berikut.
Berbeda dengan respon di atas, hari lahirnya Pancasila bagi sebagian warganet digunakan untuk menyampaikan kritikan kepada pemeritah.

Salah satunya melalui #TerimakasihBPJS yang telah menjadi trending di twitter. Beragam komentarpun disampaikan oleh masyarakat. Mulai dari keluhan kenaikan listrik, kenaikan BPJS dan ada juga dukungan terhadap pemerintah.

Berikut Ruangberita7 rangkum cuitan warganet mengenai #TerimakasihBPJS di momen Hari Lahir Pancasila ini.





Semoga nilai-nilai Pancasila semakin bisa kita amalkan, tidak berpecah belah seperti yang terjadi belakangan ini. (mamad/rb7)

Posting Komentar untuk "Netizen Malah Sibuk Populerkan Tagar #TerimakasihBPJS di Hari Lahir Pancasila, Ada Apa?"

Berlangganan via Email