Obati Luka Bakar Dengan Cara Benar. Ini Akibatnya

Sakit Tak Berdarah
Pada kehidupan sehari-hari, kita bisa mudah sekali mengalami luka bakar dari hal-hal di sekitar. Mulai dari memasak atau menyetrika, kita sangat rentan mengalami luka bakar ini.

Luka bakar yang kita alami mungkin bisa dari tidak sengaja memegang wajah atau setrika yang panas. Hal ini bisa menyebabkan luka bakar pada permukaan kulit baik dalam tingkat yang ringan hingga cukup parah.

Pada luka bakar ringan, seseorang umumnya bisa menggunakan salep atau ramuan lainnya. Walau begitu, kerap kali cara pengobatan luka bakar yang kita percayai bisa justru berdampak buruk.

Penggunaan cara pengobatan yang salah pada luka bakar ini bisa berujung pada masalah yang semakin parah. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kesalahan yang rentan dialami oleh seseorang ketika mengobati luka bakar.

Memberi Air Dingin Mengalir pada Bekas Luka Bakar


Ketika menangani luka bakar, menggunakan air dingin atau air bisa jadi kesalahan dan malah memperburuk masalah kulit. Mendinginkan luka bakar bisa merusak jaringan kulit dan resposns fisiologis terhadap stres. Ketika mengalami luka bakar, beri air dalam temperatur ruangan selama 10 menit.


Memecah Benjolan yang Muncul

Jika luka bakar yang kamu alami memunculkan benjolan, sebaiknya jangan pecahkan bekas luka tersebut karena dapat memicu infeksi. Ketika luka bakar milikmu memunculkan benjolan, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Menggunakan Antibiotik


Pada saat kamu mengalami luka bakar ringan, tidak dibutuhkan antibiotik untuk mensterilkan bekas luka. Kulit mengandung bakteri sehat yang bisa mengobati diri sendiri. Oleh karena itu, mengonsumsi antibiotik yang mempengaruhi tubuh secara keseluruhan tidak harus dilakukan.


Terpapar Matahari

Setelah mengalami luka bakar, disarankan agar luka tersebut tidak terpapar matahari pada hari pertama dan sebisa mungkin menutupinya. Cahaya matahari bisa membuat luka bakar semakin memburuk dan memunculkan benjolan. Selama beberapa waktu, tutupi luka menggunakan kain atau perban agar aman.

Menggunakan Ramuan Rumahan secara Sembarangan


Menggunakan ramuan rumahan untuk mengobati luka bakar bisa sangat berbahaya. Penggunaan mentega dan pasta gigi yang kerap dilakukan untuk mengobati luka bakar sebenarnya sangat tidak disarankan dan bisa berbahaya. Hal ini bisa membuat luka pulih lebih lama serta memicu munculnya infeksi.


Sejumlah kesalahan tersebut merupakan hal yang rentang dan sering dilakukan ketika seseorang mengalami luka bakar. Pastikan untuk menghindari sejumlah hal tersebut agar tidak mengalami masalah lebih lanjut. ( merdeka.com )

Posting Komentar untuk "Obati Luka Bakar Dengan Cara Benar. Ini Akibatnya"

Berlangganan via Email