Palembang Tengah Berencana Terapkan KBM di Sekolah Mulai 15 Juni

Ilustrasi. (CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus).

Ruangberita7.com - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berencana kembali menerapkan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah  mulai 15 Juni 2020 mendatang. Rencana itu untuk merespons rencana penerapan tata kehidupan baru (new normal) yang akan diberlakukan pemerintah pada awal Juni 2020.

Selain itu, keputusan tersebut juga diambil karena proses belajar di rumah yang dilakukan siswa secara virtual selama pademi corona kurang begitu efektif. Namun, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan keputusan tersebut belum final.

Pasalnya, sebelum melaksanakan keputusan tersebut pemkot harus terlebih dahulu melihat kondisi terkini penyebaran virus corona daerah tersebut.

"Tanggal masuknya bisa saja ditinjau ulang, ini bukan harga mati," kata Zulinto seperti dikutip dari Antara, Senin (1/6).

Ia menambahkan untuk menyongsong rencana pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar tersebut pihaknya sudah meminta para guru diminta untuk mulai bekerja di sekolah pada 3 Juni 2020. 

"Mengenai mekanisme bekerjanya, bisa diatur oleh kepala sekolah seperti dibagi shift kerja, kata dia.

Ia mengatakan persiapan ini penting dilakukan karena pada 5 Juni akan dilakukan pengumuman kelulusan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), disusul pengumuman tingkat SD.

Selama proses ini berlangsung, pihak sekolah harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19, seperti wajib menggunakan masker, rutin mencuci tangan, jaga jarak fisik, dan lainnya.

Secara teknis katanya, pihaknya juga sudah mengatur kapasitas kelas yang digunakan. Nantinya, kelas hanya boleh digunakan untuk menampung maksimal 50 persen dari tempat duduk yang tersedia.


Begitu juga soal jam pelajaran. Rencananya jam pelakjaran akan dikurangi 25-30 menit. (Antara/agt)
Sumber: CNN Indonesia

Posting Komentar untuk "Palembang Tengah Berencana Terapkan KBM di Sekolah Mulai 15 Juni"

Berlangganan via Email