Sepak Terjang Erick Thohir: Terus Lanjutkan Rombak Direksi dan Komisaris BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Ruangberita7.com - Menteri BUMN Erick Thohir masih melanjutkan utak-atik manajemen BUMN. Setelah merombak lima BUMN karya sejak pekan lalu, kini giliran BUMN pertambangan. 

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020 untuk pertanggung jawaban kinerja 2019, Rabu (11/6), Erick merombak jajaran direksi dan komisaris PT Bukit Asam Tbk (Persero) atau PTBA. Berikut kumparan rangkum, Kamis (11/6). 

Angkat Direktur Operasi dan Produksi
Dalam perombakan itu, Erick mengangkat Hadis Surya Palapa sebagai direktur operasi dan produksi menggantikan Suryo Eko Hadianto yang menjadi Direktur PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. 

Hadis sebelumnya merupakan Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam. Jabatan itu belum lama diembannya. 

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin mengaku perubahan direksi kali ini tak perlu mengubah rencana kerja perusahaan. Sebab, direktur yang diangkat berasal dari internal perusahaan, jadi tak perlu ada penyesuaian. 

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Arviyan Arifin. Foto:  Resya Firmansyah/kumparan 

- Copot Empat Komisaris
Di jajaran komisaris, Erick mencopot empat orang. Mereka adalah SoenggoelPardamean Sitorus dari jabatannya sebagai komisaris independen, Robert Heri sebagai komisaris, Taufik Madjid sebagai komisaris, dan Heru SetyobudiSuprayoga sebagai komisaris. 

"Hasil RUPS mengangkat E Piterdono HZ, Carlo Brix Tewu, dan Irwandy Arif sebagai komisaris. Sedangkan Andi Pahril Pawi diangkat sebagai komisaris independen," demikian tertulis dalam rilis PTBA yang diterima kumparan, Rabu (10/6). 

Dua Jenderal di Jajaran Komisaris
Dua dari empat komisaris baru yang diangkat Erick Thohir merupakan dua jenderal aktif dari TNI dan Polri. Pertama, Carlo Brix Tewu merupakan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN. Sebelum diangkat Erick di jajaran kementerian, dia menjabat Inspektur Jenderal Polisi. 

Kedua, Marsekal Madya Andi Pahril Pawi. Dia tercatat sebagai jenderal bintang dua di TNI Angkatan Udara. Dirinya sempat bertugas sebagai Kepala Biro Pengamanan, Sekretariat Militer Presiden dan Badan Intelijen Negara (BIN). 

Sementara Irwandy Arif merupakan Guru Besar Pertambangan ITB yang belum lama ini diangkat menjadi Staf Khusus Menteri ESDM Arifin Tasrif. Sedangkan EdmarPiterdono HZ merupakan birokrat di Provinsi Lampung yang juga kakak kandung Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. 

Berikut Susunan Direksi dan Komisaris PTBA yang Baru: 

* Komisaris 
Komisaris Utama/Independen: Agus Suhartono
Komisaris: Jhoni Ginting
Komisaris: EdmarPiterdono HZ
Komisaris: Carlo Brix Tewu
Komisaris: Irwandy Arif

* Direksi 
Direktur Utama: Arviyan Arifin
Direktur Keuangan: Mega Satria
Direktur Niaga: Adib Ubaidillah
Direktur SDM: Joko Pramono
Direktur Operasi dan Produksi: Hadis Surya Palapa
Direktur Pengembangan: Fuad Iskandar Zulkarnain Fachroeddin

Posting Komentar untuk "Sepak Terjang Erick Thohir: Terus Lanjutkan Rombak Direksi dan Komisaris BUMN"

Berlangganan via Email