Soal Utang Luar Negeri, Luhut Debat dengan Dosen UI, Bukan Rizal Ramli

Menko Marves, Luhut Pandjaitan, menerima kedatangan dosen FEB UI, Djamester Simarmata.  Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan

Ruangberita7.com - Ramai tantangan debat Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan soal utang luar negeri, yang sempat mendapat sambutan dari dosen senior Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, DjamesterSimarmata, akhirnya terlaksana.  

Dikutip dari akun instagram Luhut Pandjaitan, mereka bertemu di kantor Kemenko Maritim dan Investasi pada Kamis (10/6). Menurut Luhut, Djamester memberikan analisis yang cukup hebat tentang utang Indonesia.

"Jika ada perdebatan di dalam teori itu hal yang lumrah. Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya dimana," tulis Luhut menuturkan pertemuannya dengan Djamester.

Luhut juga memuji Djamester dengan menilainya sebagai orang hebat, karena telah mendedikasikan seumur hidupnya pada dunia pendidikan. 

"Usia kami bisa dibilang sudah sama-sama senior, namun jalan yang kami pilih sedikit berbeda. Saya mendedikasikan separuh hidup saya di militer, dan beliau memilih jalan akademis sebagai tonggak pengabdian untuk ibu pertiwi," lanjutnya. 

Luhut sebelumnya menanggapi berbagai kritik soal utang luar negeri, dengan menantang bertemu dengan pengkritiknya. "Jadi kalau ada yang mengkritik kami (soal utang negara), sini saya juga pengin ketemu. Jadi jangan di media sosial saja. Nanti ketemu kami, ngomong. Enggak usah ngomong di TV-lah, ketemu saya sini," kata Luhut Selasa (2/6). 

Pernyataan itu disambut Djamester, yang mengaku tidak setuju dengan kebijakan soal utang negara.

Selain dari Djamester, mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli juga menyambut tantangan Luhut untuk berdebat soal utang luar negeri pemerintah. Tapi pertemuan Luhut dengan Rizal Ramli belum terlaksana, Djamester sudah mendahuluinya.

Baca juga : Prabowo Maju Pilpres 2024, PKS: Monggo, tapi Kami Ingin Usung Kader Sendiri

Untuk berdebat dengan Luhut, tim yang mewakili Rizal Ramli meminta sejumlah syarat. Di antaranya harus ada tim ekonomi pemerintah yang lengkap, serta ditayangkan di stasiun televisi.
Sumber : Kumparan

Posting Komentar untuk "Soal Utang Luar Negeri, Luhut Debat dengan Dosen UI, Bukan Rizal Ramli"

Berlangganan via Email