Sudah Tidak Lagi Berstatus Merah, Kota Surabaya Saat Ini Telah Bertransformasi Menjadi Zona Hitam Penyebaran Virus Corona (COVID-19) Di Jawa Timur. Apa Sebabnya?



Ruangberita7.com - Provinsi Jawa Timur saat ini menjadi wilayah kedua dengan penyebaran virus corona (COVID-19) tertinggi di Indonesia. Dilansir dari covid19.go.id hingga Selasa (2/6), Jatim telah mencatat 5.135 kasus virus corona.

Kota Surabaya menjadi penyumbang kasus COVID-19 terbesar di Jatim. Tak hanya itu, Surabaya bahkan sudah tidak dikategorikan sebagai zona merah lagi, tetapi bertransformasi menjadi zona hitam penyebaran virus corona.

Zona hitam tersebut disebabkan akibat tingginya kasus COVID-19 di Surabaya hingga mengalahkan wilayah lain di provinsi Jatim. Seperti yang diketahui, peta corona di Jatim memang disertai dengan keterangan warna. Tertulis jika warna hitam digunakan untuk mengategorikan wilayah yang telah memiliki lebih dari 2.409 kasus.

Berdasarkan data dari situs resmi Pemprov Jatim infocovid19.jatimprov.go.id, Surabaya telah mencatat 2.633 kasus hingga Selasa (1/6). Sebanyak 240 pasien dinyatakan sembuh dan 246 orang meninggal dunia. Sedangkan 2.147 orang masih menjalani perawatan.

Surabaya sendiri menjadi satu-satunya wilayah di provinsi Jatim yang menjadi zona hitam. Sementara daerah lainnya yang memiliki kasus corona yang tinggi seperti Sidoarjo dan Gresik yang masuk dalam kawasan Surabaya Raya masih berwarna merah tua.

Peta Corona Jatim
infocovid19.jatimprov.go.id

Menanggapi Surabaya menjadi zona hitam, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa lantas angkat berbicara. Ia mengakui jika pasien positif corona di Surabaya memang telah lebih dari 2.000 kasus. Meski demikian, ia tak membantah jika Surabaya masuk zona hitam seperti tertera dalam peta.

”Kemudian ada yang tanya, itu (di peta) kok ada yang hitam. Itu bukan hitam tapi merah tua,” ungkap Khofifah seperti dilansir dari CNNIndonesia. “Seperti Sidoarjo yang angka kasusnya 500 (kasus) sekian merah sekali, kalau angkanya dua ribu sekian (Surabaya) merah tua.”

Walau telah disanggah Khofifah, namun laman resmi Pemprov Jatim memang dengan jelas telah membedakan warna Surabaya yang hitam dengan kota-kota lain yang rata-rata berwarna merah dan merah tua. Daerah lainnya yang mendapat warna merah tua antara lain Malang, Kota Malang, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban. Sedangkan daerah dengan warna merah antara lain Nganjuk, Kota dan Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Sumenep.

Posting Komentar untuk "Sudah Tidak Lagi Berstatus Merah, Kota Surabaya Saat Ini Telah Bertransformasi Menjadi Zona Hitam Penyebaran Virus Corona (COVID-19) Di Jawa Timur. Apa Sebabnya?"

Berlangganan via Email