Tahapan Pilkada Dimulai, Panwaslu Muarojambi Siap Awasi Pemilu


Ruangberita7.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muarojambi telah mengaktifkan kembali para panita Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Muarojambi, setelah sempat terhenti akibat wabah pandemi Covid-19.
"Sejak 14 Juni kemarin sesuai surat edaran dari Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Jambi, semua Panwascam di 11 kecamatan yang ada di Muarojambi sudah diaktifkan kembali, dan sudah bisa melakukan pengawasan terhadap pihak pihak yang diduga akan melalukan pelanggaran pilkada," kata Ketua Banwaslu Muarojambi M Yusuf.
Lanjutnya, selain mengaktifkan Panwascam, Panitia Pengawas Tingkat Desa (Panwas Desa) juga sudah dilakukan pelantikan pada 14 Juni 2020 kemarin. 
"Sebanyak 155 Panwas Desa/Kelurahan dalam kabupaten muaro jambi kemarin juga sudah kita lantik melalui sistem Daring, dan desa yang tidak terjangkau jaringan internet kita lakukan pelantikan secara tatap muka di kantor camat," jelasnya.
Dengan telah diaktifkannya para Panitia Pengawas, baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa, walaupun ditengah wabah pandemi Covid19, namun seluruh Panwas disetiap tingkatan tersebut diminta untuk mulai melakukan pengawasan terhadap dugaan pelanggaran pemilu, baik di media sosial maupun pengawasan secara langsung.
"Meski di tengah wabah Covid-19, kegiatan pengawasan harus tetap dilakukan, dan tentunya dalam menjalankan tugas mulia tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," kata M Yusuf.
Dikatakannya, sesuai tahapan, dalam waktu dekat KPU Muarojambi akan memulai melakukan Pencocokan dan Penelitian data pemilih. Untuk itu para Panitia Pengawas Pemilu di setiap tingkatan dapat mengawasi hal tersebut.
"Tahapan kan sudah mulai berjalan, dalam waktu dekat ini KPU akan melakukan Coklit Data Pemilih, Jadi saya berharap seluruh jajaran Panwas di setiap tingkatan dapat melakukan Pengawasan terhadap hal itu, jangan sampai nantinya ada warga yang barhak memilih dan memenuhi persyaratan sebagai pemilih malah tidak terdata sebagai pemilih," bebernya.
Ia juga menjelaskan, Pemilu tahun ini berbeda dengan pemilu tahun sebelumnya karena wabah covid19, didalam melakukan kerja kerja pengawasan, panwas kecamatan dan Panwas Desa harus memperhatikan protokol kesehatan covid19.
"Selain mengawasi konten kampanye, Banwaslu juga mengawasi tata cara prosedur dan pencegahan covid19, Panwas Kita dalam melakukan pengawasan juga memperhatikan hal demikian," tandasnya. (Jambi-Independent)


Posting Komentar untuk "Tahapan Pilkada Dimulai, Panwaslu Muarojambi Siap Awasi Pemilu"

Berlangganan via Email