Tahapan Pilkada Jambi Dimulai



Komisioner KPU Provinsi Jambi, M.Sanusi

Ruangberita7.com-Tahapan Pilkada serentak 2020 pasca vakum akibat Covid-19, sudah kembali dimulai sejak 15 Juni 2020 kemarin. Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga sudah dilantik. Menjelang tanggal 19 Juni ini, TPS akan menerima materi orientasi tugas. supaya para anggota PPS lebih paham akan tugas dan apa saja yang menjadi kewenangannya.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi mengatakan, setelah dilaksanakan orientasi tugas PPS, maka tanggal 24 Juni TPS akan melakukan rekrutmen terhadap Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).
"Setelah itu akan dilaksanakan Bimtek," katanya.

Pada tanggal 15 Juli, PPDP akan melaksanakan tugasnya untuk memutakhirkan data pemilih (coklit). Sebelumnya ada opsi pelaksanaan coklit dilakukan dengan koordinasi dengan RT, kamu dengan berbagai pertimbangan maka KPU RI lebih mendorong agar coklat dilakukan secara door to door.
"Artinya PPDP tetap harus datang ke rumah-rumah warga, dan bertemu langsung dengan pemilih," katanya.

Koordinasi dengan RT saja dinilai tidak efektif. Karena dikhawatirkan kualitas data pemilih, tidak maksimal.
"Kalau itu dilakukan, maka daerah pemutakhiran harus dipetakan. Mana zona merah, kuning, hijau. Sehingga bisa disesuaikan teknis pelaksanaan coklit tersebut," katanya.

Khusus di Tanjab Timur, ada dua tugas PPS sekaligus. Selain perekrutan PPDP, PPS juga melaksanakan verifikasi faktual terhadap dukungan calon perseorangan. Teknisnya, mau tak mau harus mendatangi ke rumah-rumah pemilik KTP yang diinput oleh calon perseorangan.
"Seperti sensus penduduk, dilaksanakan sampai 12 Juli. Petugas PPS wajib mengecek," tandasnya. (jambi-independent)

Posting Komentar untuk "Tahapan Pilkada Jambi Dimulai"

Berlangganan via Email