Tito Karnavian Gagas Sayembara Tekan Kasus Corona

Tito Karnavian: Menteri Dalam Negeri (foto:Indopolitika.com)

Ruangberita7.com - Pemerintah berencana menggelar lomba bagi seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk menekan laju penyebaran virus corona (Covid-19) dalam waktu dekat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut telah mendiskusikan rencana itu dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

"Mungkin kami akan membuat lomba lain, yaitu lomba pemerintah daerah untuk bisa melandaikan kurva, melandaikan kurva artinya menekan penyebaran," kata Tito saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (22/6).

Tito bilang konsep acara masih dalam pembahasan. Namun kemungkinan pemerintah pusat akan mengukur daerah mana yang tercepat menurunkan kurva dalam satu atau dua bulan terakhir.


Pemenang lomba itu, kata Tito, akan mendapat suntikan anggaran berupa dana insentif daerah (DID) dari Kementerian Keuangan. Tito belum mau menyebutkan besaran hadiah tersebut.

"Agar ada iklim kompetitif antardaerah untuk bersaing satu sama lain, berlomba, untuk menurunkan penyebaran, membuat warnanya bisa menjadi hijau tanpa memanipulasi data," ujarnya.

Sebelumnya, Kemendagri juga menggelar lomba simulasi tata normal baru alias new normal pandemi virus corona. Anggaran Rp168 miliar digelontorkan sebagai hadiah bagi 84 pemda pemenang.

Dalam lomba itu, Kemendagri memberi Rp3 miliar untuk pemenang pertama, Rp2 miliar untuk pemenang kedua, dan Rp1 miliar untuk pemenang ketiga.

Hingga kemarin, Minggu (21/6), kasus positif virus corona mencapai 45.891 kasus. Dari jumlah itu, 18.404 orang dinyatakan sembuh dan 2.465 orang lainnya meninggal dunia. (CNN)

Posting Komentar untuk "Tito Karnavian Gagas Sayembara Tekan Kasus Corona"

Berlangganan via Email