Virus Masih Menyebar Cepat, WHO Umumkan 150 Ribu Positif Corona dalam Sehari

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: AFP/FABRICE COFFRINI

Ruangberita7.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan angka kasus harian positif COVID-19 tertinggi pada Kamis (19/6). Sebanyak 150 ribu orang di dunia terjangkit corona, dan hampir setengah dari mereka berada di benua Amerika. 

Brasil menjadi episentrum baru setelah Amerika Serikat, yakni 978.142 kasus positif dan 47.748 kematian. Adapun kasus dalam jumlah besar lainnya datang dari Asia Selatan dan Timur Tengah. 

"Dunia berada dalam babak baru dan berbahaya," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam rapat virtual di Markas WHO, Jenewa, dilansir Reuters, Sabtu (20/6).  

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: AFP/PIERRE ALBOUY

"Virus (corona) ini masih menyebar cepat, masih mematikan, dan kebanyakan orang masih rentan," tuturnya.  

Hingga saat ini, sudah lebih dari 8,53 juta orang di dunia terjangkit corona. Sebanyak 453.834 meninggal dunia dan lebih dari 4 juta orang dinyatakan sembuh.  

Tedros mendesak semua pihak untuk menjaga jarak fisik dan meningkatkan kewaspadaan secara ekstrem. 

Orang-orang mengantre di stasiun bus pusat di Brasilia, di tengah wabah COVID-19, di Brasil.  Foto: REUTERS/Adriano Machado

Pakar Kedaruratan WHO, Mike Ryan, menyoroti banyaknya negara yang mulai melonggarkan pembatasan tetapi takut akan gelombang kedua. Ryan mendesak seluruh negara memakai pendekatan bertahap dan ilmiah. 

"Keluar dari pembatasan/lockdown harus dilakukan dengan hati-hati, secara bertahap, dan harus didorong oleh data," kata Ryan.
Sumber : Kumparan

Posting Komentar untuk "Virus Masih Menyebar Cepat, WHO Umumkan 150 Ribu Positif Corona dalam Sehari"

Berlangganan via Email