Wisata Alam Aman dari Penularan Covid-19

Wisata Alam Sangat Memanjakan Mata dan Hati Kita
(image: okezone.com)

Ruangberita7.com - Wisata alam digadang-gadang akan menjadi alternatif liburan paling aman di new normal. Itu karena paparan virus corona di lokasi terbuka lebih rendah.

Seperti yang disampaikan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, wisata alam merupakan salah satu aktivitas wisata dengan tingkat risiko rendah penularan Covid-19.

"Aktivitas wisata ini tidak akan menimbulkan kerumunan dan sifatnya lebih kepada pendekatan terhadap ekosistem," ujar Doni dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Kendati demikian, Doni mengingatkan setiap pemerintah daerah dan pengelola objek wisata harus memenuhi sejumah persyaratan.

"Boleh dimulai setelah ada izin dari Kementerian terkait. Namun kami tetap harus berhati-hati karena tidak ingin kedatangan sejumlah pihak yang tidak mendapatkan suatu cara penanganan yang baik," tandasnya.

Di sisi lain, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD menjelaskan, wisata alam dinilai rendah penularan Covid-19 karena pada dasarnya penyebaran Covid-19 terjadi melalui droplet, bukan dari udara bebas.

"Itu alasan kenapa wisata alam dinilai minim risiko paparan virus corona," katanya, Jumat (26/6/2020).

Dokter Indah melanjutkan, meski dinilai lebih aman, masyarakat tetap mesti sadar bahwa risiko penyebaran virus itu masih bisa terjadi di tengah masyarakat. Karena itu, sangat disarankan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak.

"Asal bisa berjauh-jauhan dengan wisatawan lain, ya, risiko rendah terpapar itu mungkin terjadi. Ingat, jaga jarak itu keharusan," sarannya.

Jadi, meskipun wisata alam minim paparan virus corona, masyarakat jangan kemudian mengabaikan protokol kesehatan. "Iya, protokol kesehatan standar tetap tidak boleh ditinggalkan," tegasnya.

"Karena ada keterangan berisiko rendah, jadi ramai berbondong-bondong masyarakat berlibur. Kondisi wisata alam kemudian penuh sesak, deh. Kalau sudah begini, sama saja jadi risiko tinggi," pungkasnya. (Okezone)

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Aman dari Penularan Covid-19"

Berlangganan via Email