Yah, Masih Lama, Inilah Perkiraan Wisata Jambi Mulai Buka Normal

Suasana candi Muaro Jambi sebelum corona (foto: utamamedia.com)

Ruangberita7.com - Dalam waktu dekat, Provinsi Jambi akan menerapkan new normal atau tatanan baru dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari di tengah pandemi covid-19. Dengan demikian, secara perlahan Dinas Pariwisata Provinsi Jambi akan membuka beberapa destinasi pada awal Oktober.

Dinas Pariwisata Provinsi Jambi juga telah melakukan rapat dan kajian, untuk membuka destinasi wisata di Provinsi Jambi bersama Kementerian Pariwisata RI. Semua persiapan sedang disusun.

“Semua harus punya dasar hukum, dalam waktu dekat peraturan Gubernur Jambi akan dikeluarkan juga terkait pembukaan wisata di Provinsi Jambi,” kata Yopi Kasi Pengembangan Pasar Dinas Pariwisata, Minggu (14/6).

Lanjutnya, Dinas Pariwisata juga tengah menyeleksi semua tempat pariwisata yang telah melakukan kesehatan standar covid-19, yang telah diimbau kepada setiap pengurus.


Kata Yopi, pihaknya telah merekomendasikan dua wilayah yang memiliki destinasi nasional, yakni di Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Muarojambi. Dua kabupaten tersebut, akan dikaji lagi wilayah mana yang lebih siap untuk terlebih dahulu dibuka. “Kami dorong dua wilayah itu, karena memang di sana kawasan strategis wisata nasional.” Tambahnya.

Pembukaan kembali destinasi tersebut juga berdasarkan acuan Kementerian Pariwisata RI yang direncanakan pada awal Oktober semua wisata akan di buka kembali secara bertahap. Nantinya protokol covid-19 yang akan di terapkan dalam kawasan destinasi tersebut juga masih menunggu arahan dari Kementrian.

Sementara ini, protokol kesehatan covid-19 yang akan diterapkan difokuskan pada diri sendiri dengan menjaga kebersihan seperti cuci tangan dan perlindungan diri. “Nanti akan dirangkum dengan peraturan yang akan dikeluarkan oleh Gubernur Jambi,” sebutnya.

Diketahui untuk semua jumlah destinasi di Provinsi Jambi ada 162 wisata alami maupun buatan. Karena berkenaan dengan memerbaknya wabah covid-19 di provinsi Jambi, semua wisata diharuskan untuk di tutup sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata RI.

Syukurnya semua pelaku destinasi wisata langsung bergerak cepat, dengan mengikiti himbauan pemerintah, sehingga mereka cepat berbenah diri untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19, apalagi masyarakat yang tinggal dikawasan cagar budaya juga wajib menerapkan protokol kesehatan. “Masyarakat yang tinggal di kawasan Candi Muarojambi kami lihat sudah mulai patuh,” tandasnya. (Independent)

Posting Komentar untuk "Yah, Masih Lama, Inilah Perkiraan Wisata Jambi Mulai Buka Normal"

Berlangganan via Email