Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu.



Pengertian Sejarah menurut para ahli :

a. Moh.Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

b. Ibnu Khaldun
Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

c. J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh m anusia.

d. W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. C atatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

Secara umum, Pengertian Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang segala peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. 

Dalam arti luas, Pengertian Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kejadian atau peristiwa pada masa lampau dalam kehidupan manusia melalui bukti tertulis misalnya kitab/dokumen kuno dan lisan misalnya tradisi turun temurun dan mitos, bukti berupa benda-benda misalnya artefak dan prasasti serta monumen sejarah.

Selain itu, Pengertian Sejarah juga membahas tentang dan peristiwa dan waktu. 

Dengan demikian, masalah waktu berperan penting dalam memahami suatu peristiwa, maka para sejarawan biasanya mengatasi masalah waktu dengan membuat sebuah periodesasi. 

Dari beberapa uraian di atas dibuat kesimpulan sederhana bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. 

Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, unik, dan penting.

a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya.

c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.

2. Manusia Hidup dalam Ruang dan Waktu

Mempelajari sejarah perkembangan masyarakat merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk ditelusuri. 

Dengan mempelajari sejarahnya, manusia dapat memahami bagaimana perkembangan masyarakat yang ada di lingkungannya.

1. Manusia
Unsur manusia memiliki peran penting dalam peristiwa sejarah. Manusia adalah aktor utama yang sangat mementukan suatu peristiwa sejarah.

Sehingga mempelajari sejarah dapat diartikan juga kita mempelajari sejarah manusia.

Sejarah merupakan gambarantentang cara manusia mempertahankan kehidupannya dengan menggunakan akal pikiran. 

Manusia sebagai aktor sejarah yang memiliki kemampuan berpikir merupakan cikal bakal munculnya ide kreatif. Ide kreatif inilah yang merupakan embrio terbentuknya kebudayaan. 

2. Ruang 
Dalam sejarah, ruang merupakan unsur penting yang harus ada. Ruang atau tempat terjadinya peristiwa sejarah berkaitan dengan aspek geografis. 

Setiap komunitas yang tinggal di suatu tempat, akan memiliki pola pikir dan sistem budaya yang diperoleh dari leluhurnya. Sehingga kisah sejarah manusia merupakan proses interaksi dengan kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi pada ruang atau tempat tertentu.

3. Waktu
Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu dan tidak dapat dilepaskan dari waktu. Mereka berkaitan erat dengan kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Mempelajari sejarah bukan hanya mempelajari sesuatu yang berhenti, melainkan sesuatu yang terus bergerak sejalan dengan perjalanan waktu. Setiap peristiwa sejarah berada dalam kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang waktu sebelumnya. 

Unsur waktu memberikan setting tertentu bagi berlangsungnya peristiwa sejarah. Peristiwa sejarah menempati unsur ruang dan waktu yang terus bergerak/ berkembang ke depan secara dinamis.

Unsur waktu juga yang menandai sejarah sebagai peristiwa yang unik dari waktu ke waktu. Setiap peristiwa sejarah hanya sekali terjadi. Ada memang peristiwa sejarah yang hampir sama, namun konteks ruang dan waktu selalu berbeda.

Oleh karena itu, dalam mempelajari sejarah, perlu ditentukan secara tegas, siapa pelakunya (who), kapan berlangsung (when), dimana peristiwa itu berlangsung (where), serta bagaimana peristiwa sejarah itu terjadi (how).


8 komentar untuk "Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu."

  1. Apa contoh peristiwa yang terjadi, di peristiwa yang abadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya Peristiwa Proklamasi

      Hapus
    2. Peristiwa Isra' mi'raj
      Peristiwa perang badar
      Peristiwa kelahiran nabi Muhammad saw

      Hapus
  2. Kenapa mempelajari sejarah harus mengunakan 5w + 1h

    BalasHapus
  3. Apa contoh peristiwa yang unik dan contoh peristiwa yang penting?

    BalasHapus
  4. Apapun itu, yang penting kita dapat mengambil hikmah dan pembelajaran dari sejarah yang sudah lalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email